3 Tanda Persalinan Sudah Dekat | Berapa Lama Bayi Lahir Setelah Air Ketuban Pecah

Keluar Darah Saat Hamil 9 Bulan Jarak Keluar Lendir Sampai Melahirkan Sudah Keluar Flek Tapi Belum Kontraksi Pecah Ketuban Tapi Belum Kontraksi Keluar Darah Sebelum Melahirkan

Persalinan merupakan tahapan di mana kita akan melihat bayi kecil buah cinta lahir ke dunia. Untuk ibu yang pertama kali melahirkan tentu sangat tegang. Tetapi yang perlu di ingat kita perlu mengenali tanda-tanda persalinan, supaya kita dapat bersiap-siap menyongsong persalinan bayi tercinta.

Tanda-Tanda Persalinan

Adapun tanda-tanda persalinan yaitu :

1. Pertama keluar lendir bercampur darah dari jalan lahir.

Lendir yang keluar akibat dari terlepasnya gumpalan lendir yang menumpuk selama masa kehamilan yang berada di sekitar leher rahim. Diikuti dengan terbukanya pembuluh darah kapiler serta pergeseran antara selaput ketuban dengan dinding dalam rahim.

2. Yang kedua adalah penipisan dan pendataran leher rahim.

Kejadian tersebut hanya dapat di ketahui lewat pemeriksaan dalam oleh dokter atau bidan yang menangani. Leher rahim akan membuka hingga ukuran 10 cm. Pada kondisi demikian biasanya janin sudah bisa untuk di lahirkan.

3. Dan yang terakhir yaitu dengan ditandainya pecah ketuban secara spontan.

Pecahnya ketuban itu dapat di ikuti dengan keluarnya cairan ketuban yang berwarna bening dan mengeluarkan bau amis. Rasanya seperti ngompol tiba-tiba.

Jika sudah pecah air ketuban, di sarankan untuk langsung di bawa ke dokter atau pun bidan. Agar dapat di tangani lebih lanjut.

Karena jika di biarkan lama bisa membahayakan baik ibu dan juga janin yang sedang di kandung. Berbahaya karena di khawatirkan bisa terjadi infeksi.

Akan terasa beberapa kali sakit namun perlu di lihat dan di ketahui. Untuk mengetahui kapan waktu yang pas ibu hamil di bawa ke dokter atau bidan.

Di bawa ke dokter atau bidan jika rasa sakit yang timbul secara teratur tiap lima menit pada kelahiran pertama. Namun berbeda halnya jika pada kalahiran ke dua dan seterusnya rasa sakit yang timbul bisa dalam waktu tiap sepuluh menit.

Darah lendir yang keluar yang disertai mulas secara teratur. Dan yang terakhir keluar air ketuban. Setelah air ketuban keluar kemudian mulut rahim akan terbuka.

Yang di susul dengan keluarnya bayi dengan sehat dan selamat. Keluarnya bayi di sertai dengan keluarnya plasenta. Setelah itu di namakan tahap observasi terhadap ibu pasca melahirkan.

Tahap ini juga tahap dimana bidan atau dokter membantu bayi yang di lahirkan untuk mencari puting susu ibunya. Agar terjalin kedekatan alami antara ibu dan anaknya.

Kontraksi Saat Melahirkan

Kontraksi yang di alami oleh tiap ibu biasanya berbeda-beda. Ada yang cepat tetapi juga ada yang berhari-hari sudah kontraksi namun pembukaannya lama. Kontraksi yang lama itu menyebabkan nyeri di bagian punggung dan pinggang.

Terkadang juga lendir yang bercampur dengan bercak darah yang keluar. Segera bawa ke dokter atau bidan jika kontraksi yang di rasakan makin lama makin kencang dan teratur. Namun untuk kehamilan pertama biasanya pasangan suami istri merasa panik baru mules sedikit saja sudah di bawa kedokter.

Makanya perlu di lihat agar tidak perlu bolak-balik ke klinik bersalin. Tunggulah dengan sabar jika kontraksi yang dirasakan tiap lima hingga sepuluh menit baru bawa segera kedokter. Setelah di bawa ke dokter nah di sini lah peran seorang suami.

Seorang suami bisa membantu istrinya untuk menyiapakan proses kelahiran. Misalnya dengan membawa peralatan yang dibutuhkan yaitu kain panjang, baju ganti, makanan kecil, buku bacaan dll.

Bantuan sebagai suami siaga ini lah yang membuat sang istri mampu dan semangat berjuang untuk melahirkan buah hati nya.

Leher Rahim Makin Terbuka Lebar

Pada fase yang lebih pendek dari fase sebelumnya yaitu tejadinya kontraksi selama 1 menit yang berlangsung empat hingga lima menit sekali. Yang di tandai dengan membukanya leher rahim selebar tujuh sentimeter.

Pada masa ini sangatlah di sarankan agar ibu sudah di bawa ke rumah sakit. Lebih baik lagi jika sudah pada usia kandungan di persiapkan dengan memesan kamar. Karena untuk beberapa rumah sakit yang sudah terkenal jaminan kualitasnya kamar sudah penuh.

Jika pada kondisi mendesak seperti ini ibu yang akan melahirkan perlu penanganan yang cepat dan tepat. Agar kelahiran yang di harapkan dapat berjalan dengan lancar dan sempurna.

Perawatan yang di lakukan haruslah makin sering menjelang proses kelahiran. Ini berfungsi mengkontol perkembangan janin. Apakah sudah berada di jalan lahir. Perlu di ketahui bahwa bayi yang akan di lahirkan itu umumnya kepala sang abyi berada di bawah dekat dengan vagina si ibu.

Pemeriksaan ini juga mempunyai tujuan lain yaitu melihat pembukaan mulut rahim. Pada umumnya dokter atau pun bidan menginginkan pembukaan saat persalinan terjadi secara alami. Namun jika pembukaan secara alami kesulitan maka dokter atau bidan melakukan upaya lain.

Diantaranya bisa dengan di pacu atau pun di sedot agar bayi bisa di lahirkan tepat waktu. Tidak terlalu lama karena bahawa bagi ibu dan janin. Pembukaan alami ini dapat membantu dokter untuk mengetahui apakah ada kista atau pun mioma atau tidak.

Terdapatnya kista atau mioma sangat mempunyai pengaruh yaitu ibu yang sudah mengalami kontraksi dan mules tetapi mulut rahim terlihat tetap menutup.

Pembukaan Leher Rahim

Pembukaan leher rahim secara terus menerus tanpa jeda yang di barengi dengan kontraksi yang kuat selama dua hingga tiga menit sekali dalam waktu satu setengah menit.

Pembukaan pertama hingga ke tiga terjadi yang sangat lama tidak berbanding lurus dengan ketiga hingga ke sepuluh.

Pembukaan ketiga hingga ke sepuluh berlangsung sangat cepat. Biasanya berlangsung dari lima belas meni hingga satu jam. Tekanan yang amat kuat di bagian bawah punggung. Membuat ibu akan merasa pengen mengedan.

Kondisi ini menimbulkan ibu terasa panas dan mengeluarkan keringat dingin. Keringat yang bercucuran ini rasanya seperti air yang basah seusai mandi. Pembuluh kapiler yang pecah membuat lendir dan darah yang keluar makin banyak.

Terkadang ibu sudah mengedan sebelum instruksi dokter atau bidan. Itu membuat sang ibu frustasi namun yang perlu di sadari bahwa mengedan sebelum terjadi pembukaan sempurna menimbulkan ibu kesulitan saat pengeluaran bayi.

Setelah pembukaan sempurna barulah aba-aba dari dokter untuk mengedan dan bayi akan keluar dengan selamat. Mengedan yang kuat setelah bertempur untuk melahirkan itu bisa menimbulkan rasa kantuk yang menyerang.

Tetapi jangan sampai si ibu tertidur karena berbahaya. Tugas suami yang membantu istrinya agar ibu jangan tertidur. Cegahlah dengan mengajak bicara atau bercanda. Agar ibu tetap dalam keadaan sadar.

Dorong Seirama Instruksi Dokter

Mendorong bayi keluar sesuai dengan intruksi dokter sangat membantu ibu karena dapat menghemat energi yang di keluarkan dan membantu bayi cepat keluar.

Tak jarang banyk ibu yang panik dan mengedan dengan tempo yang tak beraturan. Itu sangat menghambat proses persalinan. Dan juga menimbulkan bahaya karena dengan menahan nafas terlalu lama mengakibatkan resiko pecahnya pembulu darah yang ada di mata dan wajah.

Maka pernafasan diatur sejak dini yaitu sejak trimester ke tiga. Hal ini bermanfaat ketika mengalami persalinan seperti ini. Atur pernafasan bisa di lakukan dengan melakukan senam hamil.

Manfaat Senam Hamil

Untuk bisa mengatur pernafasn dengan baik, lakukan senam hamil. Senam hamil dapat di lakukan setiap satu minggu sekali.  Senam hamil ini mempunyai manfaat yang sangat banyak diantaranya adalah :

1.   Memperkuat dan mempertahankan kelenturan pada otot-otot dinding perut dan dasar panggul yang berfungsi pada proses persalinan.

2.   Melatih sikap dan gerak tubuh yang sangat bermanfaat untuk mengurangi keluhan rasa sakit pada pinggang dan punggung sewaktu persalinan.

3.   Menimbulkan rasa rileks sehingga mengurangi ketakutan yang dapat menimbulkan stres akibat persalinan.

4.   Melatih berbagai tekhnik pernafasan agar pernafasan yang di lakukan saat persalinan bisa seirama dengan perintah bidan atau pun dokter.

Adapun syarat yang mendukung di lakukannya senam hamil ialah karena usia kehamilan yang sudah memasuki usia lima bulan. Senam hamil ini dapat di lakukan jika mendapat rekomendasi dari dokter atau pun bidan yang menangani, Dan bisa di lakukan pada kehamilan normal.

Senam hamil juga tidak hanya di lakukan di rumah sakit. Bisa juga di lakukan di rumah asalkan di lakukan secara teratur dan suasana tenang. Senam hamil bisa di lakukan sambil melakukan kegiatan sehari-hari misalnya nonton TV, menjahit, dll.

Pengeluaran Plasenta

Setelah bayi tersebut keluar pastilah si ibu merasa lelah. Hal ini karena seluruh anggota tubuh ikut bereaksi. Namun tak perlu khawatir asalkan si ibu tidak tertidur semua akan baik-baik saja.

Perlu di dampingi oleh suami ketika istirahat seusai melahirkan. Sementara si ayah menunggu ibu, sekarang giliran bidan yang membantu si anak untuk melepaskan plasenta atau yang umum di sebut tali pusar.

Tali pusar atau plasenta sangat bermanfaat ketika bayi bayi masih ada di perut ibu. Karena sari-sari makanan yang di konsumsi si ibu dapat dengan mudah di terima oleh si anak jika ada plasenta.

Namun hal itu berbeda jika bayi sudah berada di luar plasenta harus segera di potong agar tidak busuk.

Plasenta di potong oleh dokter dan kemudian luka sobekan bisa langsung di jahit. Kemudian ibu bisa di bantu bidan atau pun perawat untuk menyusui bayinya untuk pertama kalinya.

Hal itu di lakukan agar kedekatan antara ibu dan anak bisa terjalin dengan erat.

Berbagai Komplikasi

Ibu yang akan melahirkan pastilah merasakan mulas.

Mulas yang berlangsung berjam-jam yang di sertai berbagai kemajuan apabila kontraksi yang kuat di leher rahim yang membuatnya terbuka, kemudian disertai dengan bayi yang keluar lewat jalan keluar secara normal, dan juga panggul yang cukup luar untuk keluarnya bayi dari jalan lahirnya.

Seandainya ada salah satu unsur yang telah di sebutkan tadi ada yang tidak dilalui maka kemungkinan kelahiran tersebut tidak normal.

Adapun kemungkinan penyebab terjadinya komplikasi yaitu :

1.   Terlalu Lama

Tidak ada kemajuan pembukaan leher rahim yang di tunggu oleh dokter. Karena pada umumnya pembukaan leher rahim itu sekitar du puluh jam pada persalinan pertama. Dan empat belas jam pada persalinan ke dua dan berikutnya.

Apabila dalam waktu dua puluh empat jam tidak ada kemajuan dalam pembukaan maka dokter bisanya melakukan tindakan operasi. Pembukaan yang terlalu lama terjadi karena banyak faktor yang diantaranya bahan kimia dan juga kondisi ibu yang panik.

Maka perlu rileks dalam menghadapi proses persalinan agar persalinan berjalan dengan lancar dan selamat.

2.   Disfungsi Primer

Pembukaan yang lambat biasanya si ibu disarankan untuk berjalan-jalan dan mengkosongkan kemih. Itu di maksudkan agar tidak menghambat turun nya janin ke rongga panggul si ibu.

Biasanya si ayah akan sangat siap dan sigap untuk menemani ibu untu berjalan-jalan di sekitar kamar bersalin. Hal ini sangat membantu yaitu membuat ibu merasa di beri support dan kasih sayangnya

Kasih sayang dan dukungan ayah dapat membantu mempercepat proses persalinan itu sendiri.

3.   Berhentinya pembukaan Sekunder B

Jika tak ada kemajuan maka ibu dapat membantu dengan gaya berat yaitu duduk tegak, jongkok, berdiri ataupun berjalan.

Apabila diketahui penyebabnya adalah disproporsi cephalovic. Biasanya dokter akan mengambil keputusan dengan melakukan tindakan operasi caesar. Tentunya dengan persetujuan oleh keluarga pasien.

4.   Turunnya Janin secara Tak Normal

Kecepatan yang kurang ketika menuruni jalan lahir. Menyebabkan dokter ataupun bidan melakukan tindakan mengeluarkan bayi dengan menggunakan alat bantu persalinan.

Namun hal ini sangat jarang terjadi. Umumnya dokter akan membatu proses persalinan dengan cara memberikan suntikan rangsangan.

5.   Tahap Kelahiran Bayi Yang Terlalu lama

Jika tahap pengeluaran bayi terlalu lama. Biasanya dokter tidak membuang waktu. Setelah mendapat persetujuan dari keluarga pasien, langsung dokter melakukan tindakan operasi caesar. Agar ibu dan bayi dapat cepat di selamatkan.

6.   Tanda-tanda Kelahiran Palsu

Kita harus mengetahui tanda-tanda kelahiran palsu yang di antaranya kontraksi yang mengakibatkan perut bagian bawah nyeri. Nyeri dan kontraksi tersebut berlangsung sementara dan menghilang ketika kita banyak bergerak atau pun berjalan.

Tak jarang nyeri yang di rasakan ketika di usap oleh ibu ataupun ayah sendiri seketika itu nyeri tersebut hilang yang kemudian memberikan rasa nyaman. Ketika kita mengubah sikap tubuh dari duduk menjadi berdiri atau pun sikap tubuh yang lain.

Tiba-tiba juga rasa sakit dan kontraksi tersebut hilang. Itu juga merupakan salah satu tanda kelahiran yang palsu. Maka kita juga perlu mengetahui tentang hal yang demikian.

7.   Faktor-faktor Resiko Nyeri

Nyeri dapat meningkat apabila sendirian. Maka sangat disarankan temani oleh suami, orang terdekat maupun tenaga medis di dalam rumah bersalin.

Disarankan untuk mengurangi rasa nyeri bisa dilakukan dengan cara beristirahat yang cukup dan bersyukur jika akan di berikan karunia seorang bayi.

Yang merupakan buah hati yang selama ini telah di tunggu. Jangan memikirkan tentang sakitnya persalinan atau kontraksi yang akan terjadi. Karena itu dapat menimbulkan stres.

Untuk menghindari stres pun dahulu sewaktu hamil bisa membaca buku mengenai persalinan agar kondisi mental menjadi lebih siap.

Keluar Lendir Darah Tapi Belum Kontraksi Keluar Darah Saat Hamil 9 Bulan Tapi Tidak Sakit Keluar Lendir Campur Darah Saat Hamil 9 Bulan Pembukaan 1 Tapi Belum Mules Hamil 9 Bulan Keluar Lendir

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKondisi Suami Menghadapi Momen Persalinan Istri
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPergerakan Janin Menjelang Proses Kelahiran
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPersiapan Tepat untuk Melahirkan Normal
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMemilih Tempat Melahirkan! Manakah Lokasi Yang Paling Cocok?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »