Posisi Tidur Aman dan Baik Untuk Ibu Hamil | Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring Kiri

Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring Kiri Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring Ke Kanan Posisi Janin Saat Ibu Tidur Miring Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Saat Hamil Tidur Miring Kanan Saat Hamil

Apakah saat ini anda adalah seorang calon ibu yang tengah mengandung buah hati? Atau anda adalah seorang calon ayah yang juga sedang menanti datangnya si buah hati?

Ya, rasa cemas dan terkadang protektif sering kali hadir apalagi bila saat ini merupakan masa kehamilan pertama dan semakin mendekati HPL.

Banyak sekali agenda yang harus segera disiapkan dan mungkin ada hal-hal kecil yang menganggu diri anda, salah satunya adalah ketidaknyamanan saat tidur terutama bagi ibu yang sedang hamil.

Posisi tidur biasanya belum terlalu membebani terutama pada masa kehamilan 3 bulan pertama. Apapun posisi tidurnya, masih dirasa nyaman. Ya, tentu saja karena kondisi perut yang belum membesar.

Kondisi berbeda akan dirasakan setelah perut mulai membesar, biasanya mulai bulan ke empat. Ibu hamil mulai gelisah karena merasakan ketidaknyaman pada saat tidur.

Terutama bagi ibu yang bekerja, kondisi letih ditambah tidur yang tidak nyaman akan semakin menambah beban dan rasa kuatir yang malah tidak baik bagi kesehatan. Rasa kuatir terhadap janin yang dikandungnya juga membayangi tidur.

Padahal sebenarnya ibu hamil tidak perlu terlalu merisaukan janinnya. Kenapa? Karena sebenarnya tubuh perempuan utamanya calon ibu diciptakan begitu unik dan bisa memberikan perlindungan pada janin.

Selain itu, janin di dalam perut sebenarnya tidak pernah merasa tidak nyaman, karena posisinya yang mengapung di dalam cairan ketuban dan juga memiliki ruang untuk bergerak bebas.

Posisi Tidur Aman dan Terbaik Untuk Ibu Hamil

Namun begitu, sebagai seorang ibu hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya seperti pemilihan makanan yang tepat dan juga pemilihan posisi tidur yang tepat. Berikut tips memilih posisi tidur yang pastinya akan sangat berguna bagi anda.

Posisi tengkurap

Banyak yang ragu apakah boleh ibu hamil tidur tengkurap.

Posisi tengkurap sebenarnya cukup aman bagi ibu hamil. Hanya saja karena perubahan bentuk tubuh akibat kehamilan misalnya payudara yang membesar, perut yang membesar terutama memasuki bulan ke empat, posisi tidur tengkurap memang sangat tidak nyaman karena harus menopang paha dengan bantal agar cukup nyaman tidur dengan posisi tengkurap.

Di samping itu cukup aneh bila perut buncit tetapi tidur dengan posisi tengkurap.

Posisi terlentang

Posisi tidur terlentang bisa dibilang aman bagi ibu hamil. Namun posisi ini seringkali membuat tidur jadi tidak nyaman. Biasanya ibu akan merasa sakit di bagian pinggang setelah bangun tidur.

Penyebabnya adalah posisi tidur terlentang menyebabkan berat rahim dibebankan pada bagian belakang tubuh saja sehingga rentan menyebabkan sakit pinggang. Posisi tidur terlentang pada ibu hamil trimester kedua dan ketiga ternyata juga berpengaruh pada tekanan darah.

Gejalanya berbeda-beda, ada yang mengeluh pusing dan malah pada ibu lain menyebabkan tekanan darah meningkat. Oleh karena itu posisi tidur terlentang tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah tinggi.

Posisi miring

Mungkin sampai saat ini bila dilakukan survey kepada ibu hamil, posisi tidur miring adalah posisi tidur yang paling nyaman.

Miring ke kiri atau ke kanan sama saja tergantung kondisi ibu, hanya saja bila usia kehamilan telah mulai memasuki 16 minggu disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Kenapa ke kiri? Karena dengan tidur miring ke kiri, plasenta bayi dalam rahim bisa mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal. Letak pembuluh vena di bagian kanan menjadi tidak terhalang apabila tidur dengan posisi miring ke kiri.

Proses metabolisme tubuh pun menjadi lebih lancar dan mengurangi pembengkakan yang terjadi di kaki, di pergelangan kaki maupun tangan sang ibu.

Bila merasa pegal, bisa juga berganti posisi menjadi miring ke kanan. Tidur dengan posisi miring ke kanan tidak akan berdampak buruk bagi ibu maupun bayi di dalam rahim.

Bisa saja selama tidur, ibu berganti-ganti posisi miring ke kanan atau ke kiri yang penting ibu merasa nyaman dan dapat tidur dengan lelap.

Apabila saat beristirahat malam ternyata ibu terbangun dan mendapati posisi tidur sedang terlentang, tidak perlu kuatir berlebihan. Segera berganti posisi dan lanjutkan tidur anda karena anda tidak sedang mencelakai bayi.

Tenangkan dan rilekskan pikiran anda. Hal ini kerap terjadi, karena memang biasanya pada usia kehamilan lanjut, sang ibu kerap terbangun pada malam hari disertai gejala seperti kontraksi perut, kram, kebelet kencing, bayi yang menendang, yang intensitasnya akan semakin meningkat setiap saatnya.

Hal ini akan menyebabkan si ibu semakin sering terbangun di malam hari, dan semakin sering mengubah posisi tidur. Karena selama tidur ibu tidak mungkin terus menerus tidur dalam posisi yang sama.

Sedikit tips penting bagi ibu hamil, supaya anda merasa lebih nyaman tidur dengan posisi miring, letakkan saja bantal di antara dengkul dan di antara punggung.

Bisa juga membeli bantal khusus ibu hamil. Yang terpenting jangan pernah merasa terbebani, karena kehamilan adalah sebuah anugerah yang mesti terus disyukuri.

Ibu Hamil Tidur Miring Kanan Kenapa Ibu Hamil Harus Tidur Miring Ke Kiri Ibu Hamil Tidur Miring Ke Kanan Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Saat Hamil Tidur Miring Ke Kanan Saat Hamil

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang7 Manfaat Melakukan Olahraga Bagi Ibu Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangYuk Intip Makanan dan Minuman Untuk Ibu Hamil!
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangJenis Olahraga Untuk Ibu Hamil Serta Manfaat Yang Ditimbulkannya
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPentingnya Nutrisi Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »