7 Tanda Kehamilan Dalam Bahaya | Kehamilan 37 Minggu Bayi Masih Aktif Bergerak

Kehamilan 37 Minggu Bayi Masih Aktif Bergerak Keluhan Hamil 37 Minggu Janin 37 Minggu Aktif Bergerak Muka Bengkak Saat Hamil 9 Bulan Hamil 37 Minggu Bayi Aktif Bergerak

Kehamilan adalah hadiah spesial yang diberikan oleh Tuhan. Ketika terjadi kehamilan, seorang wanita akan berusaha menjaga kehamilannya hingga proses persalinan nanti.

Memang tidaklah mudah untuk menjalani masa kehamilan. Seringnya wanita hamil menghadapi gangguan-gangguan tertentu selama hamil seperti morning sick, sakit kepala, nyeri pada bagian perut, gangguan penglihatan, dan masih banyak gangguan lainnya.

Gangguan-gangguan ini tidak perlu dikhawatirkan karena seiring bertambahnya usia kehamilan, gangguan-gangguan ini akan hilang dengan sendirinya. Namun Anda para wanita terutama yang kini sedang mengandung sebaiknya waspada terhadap beberapa tanda bahaya pada kehamilan.

Ada banyak hal yang berbahaya untuk kehamilan. Tanda-tanda bahaya pada kehamilan ini harus ditangani dengan baik dan bila perlu sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan.

Mengapa? Karena jika dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan Anda sendiri dan janin Anda. Dan bahkan berisiko dapat mengancam nyawa Anda dan bayi yang ada di dalam kandungan Anda.

Apa saja tanda-tanda bahaya pada kehamilan yang dimaksud? Berikut infromasinya untuk Anda.

Tanda-tanda Kehamilan Dalam Bahaya

1. Pendarahan

Pendarahan adalah salah satu tanda bahaya pada kehamilan yang harus Anda waspadai. Umumnya pendarahan biasa terjadi pada masa awal kehamilan atau di trimester pertama kehamilan. Pendarahan dengan jumlah sedikit di awal kehamilan sering dianggap normal.

Akan tetapi akan berbeda kasusnya apabila pendarahan yang terjadi tergolong banyak dan darah yang keluar berwarna merah segar. Apalagi ditambah dengan rasa nyeri yang sangat hebat di bagian rahim Anda.

Bila ini terjadi pada Anda, segera periksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan.

2. Sakit kepala

Tanda bahaya kehamilan lainnya yang perlu Anda waspadai adalah sakit kepala yang sangat hebat. Sakit kepala adalah tanda bahwa ada suatu hal serius dengan kondisi kehamilan Anda.

Berbeda dengan gejala sakit kepala biasa yang bisa hilang setelah Anda beristirahat. Sakit kepala yang statis pada ibu hamil dianggap membahayakan bagi ibu dan janinnya.

Apalagi disertai dengan munculnya gangguan penglihatan. Penglihatan akan menjadi kurnag jelas alias kabur dan berbayang. Segera periksakan diri Anda ke dokter kandungan apabila gejala ini menyerang Anda.

3. Pandangan/ penglihatan kabur dan berbayang

Penglihatan yang kabur dan berbayang adalah efek dari sakit kepala statis pada wanita hamil. Gejala ini juga dianggap sebagai salah satu tanda bahaya pada kehamilan karena ini adalah pertanda bahwa ada sesuatu yang serius dengan kehamilan Anda.

5. Rasa nyeri yang sangat hebat di bagian perut

Tanda bahaya pada kehamilan selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah sakit atau nyeri yang sangat hebat di bagian perut Anda. Gejala nyeri atau sakit di bagian perut saat hamil dikatakan berbahaya apabila tidak kunjung hilang meski sudah beristirahat selama beberapa waktu.

Sakit atau nyeri yang dirasa sangat mirip dengan rasa sakit saat persalinan pretern, kehamilan ektopik, appendicitis, aborsi, nyeri karena radang panggul, gastritis, infeksi saluran kemih, dan nyeri karena penyakit kantong empedu.

6. Bengkak pada wajah dan tangan

Bengkak di bagian wajah dan tangan saat hamil bukanlah sesuatu yang normal. Bengkak di kedua bagian tubuh ini bisa menjadi sebuah indikasi serius untuk kehamilan Anda.

Jika bengkak di area wajah dan tangan tak hilang juga meski sudah beristirahat dengan cukup, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Umumnya gejala bengkak di area wajah dan tangan ini akan disertai dengan beberapa gejala fisik lainnya.

7. Tidak adanya pergerakan bayi di dalam perut

Tahukah Anda janin dalam kandungan akan mulai aktif bergerak sejak usia kehamilan 5 hingga 6 bulan. Namun jika di bulan ke-5 atau ke-6 kehamilan Anda tidak merasakan pergerakan apa-apa dari dalam rahim Anda, bisa saja Anda mengalami kehamilan yang disebut kehamilan patologik.

Agar Anda mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan kehamilan Anda, sebaiknya periksakan kandungan Anda ke dokter spesialis kandungan.

Faktor Penyebab Kehamilan Menjadi Beresiko

Selain beberapa tanda bahaya pada kehamilan di atas, ada beberapa hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan dan bila perlu Anda harus melahirkan di rumah sakit.

Empat Faktor Peningkat Resiko Kehamilan

1. Hal yang pertama adalah bila Anda pernah melahirkan secara caesar atau seksio sesaria. Hal ini penting karena perlakuan proses persalinan pada wanita yang pernah melahirkan secara caesar akan berbeda dengan wanita yang melahirkan secara normal.

2. Kemudian hal yang kedua yaitu apabila terjadi pendarahan dari saluran/ jalan lahir selain cairan lendir yang bercampur dengan darah. Bisa saja pendarahan yang berupa darah saja tanpa adanya lendir adalah indikasi adanya sesuatu yang serius pada kehamilan.

3. Kemudian hal yang ketiga yaitu persalinan yang terjadi saat usia kandungan kurang dari 37 minggu. Kasus persalinan ini sering disebut dengan persalinan dalam kondisi kurang bulan alias prematur di mana bayi lahir sebelum waktunya, salah satu faktornya adalah karena sang Bunda kekurangan berat badan.

4. Hal yang keempat yaitu pecahnya kantong ketuban yang disertai dengan keluarnya cairan yang berwarna keruh. Cairan keruh ini disebut dengan mekonial. Tekstur cairan mekonial ini kental.

Jika Air Ketuban Pecah?

Kondisi lainnya yang membuat janin harus segera dilahirkan dan memerlukan bantuan medis di rumah sakit adalah apabila keluarnya air ketuban  namun tidak dirasakan adanya gerakan janin.

Selanjutnya,  segera bawa ke rumah sakit jika  kantong ketuban telah pecah lebih dari 1 hari alias 24 jam. Kondisi lainnya  yang perlu mendapat pertolongan medis saat melahirkan adalah ketika kantung ketuban pecah di saat usia kehamilan masih kurang bulan untuk melakukan persalinan.

Infeksi Meningkatkan Resiko Kehamilan

Waspada juga ketika Anda merasakan gejala infeksi seperti timbulnya demam, suhu tubuh meningkat, badan menggigil, nyeri di bagian perut, dan cairan ketuban berbau tak enak alias busuk.

Tanda-tanda infeksi ini sangat berbahaya bagi diri Anda sendiri dan janin yang ada di dalam kandungan Anda. Bila usia janin dianggap cukup untuk dilahirkan, kemungkinan besar Anda akan disarankan untuk melahirkan, dengan bantuan tenaga medis di rumah sakit tentunya.

Tindakan ini perlu dilakukan untuk mencegah janin terkena infeksi dan tidak selamat. Begitu juga dengan sang ibu.

Tekanan Darah Tinggi

Kondisi lainnya yang  membuat Anda wajib melakukan persalinan di rumah sakit antara lain apabila Anda menderita darah tinggi yaitu tekanan darah melebihi skala 160/110, kasus bayi kembar, tinggi fundus tak lebih dari 41 cm, gerakan janin yang dinilai kurang (kurang dari 10 gerakan dalam 1 hari), posisi kepala janin yang tidak tepat seperti kepala bayi belum berada di dalam rongga panggul pada saat proses persalinan, posisi janin sungsang seperti posisi melintang, keluarnya tali pusar terlebih dahulu sebelum bayi keluar, ibu mengalami anemia, mengidap penyakit kuning, ibu bayi mengalami syok, dan kasus kehamilan kembar lebih dari 2.

Dari beberapa kondisi di atas, terdapat sejumlah kondisi yang dianggap sulit dan perlu dilakukan pembedahan caesar untuk mengeluarkan janin dari rahim ibunya. Tindakan medis ini perlu dilakukan agar kedua nyawa baik nyawa bayi dan nyawa ibu dari bayi terselamatkan.

Bahaya Saat Hamil Tua Usia 37 Minggu Janin Masih Aktif Bergerak Hamil 37 Minggu Janin Aktif Bergerak Bahaya Hamil Tua Muka Bengkak Saat Hamil 7 Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips Menghindari Kelahiran Prematur
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHal – Hal Membuat Rasa Sakit Di Rahim Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHindari Preeklampsia Untuk Janin Lebih Sehat!
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBahaya Yang Mengancam Kandungan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »