9 Persiapan Untuk Persalinan (Melahirkan) | Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan Di Bidan

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan Di Bidan Perlengkapan Melahirkan Di Bidan Perlengkapan Saat Melahirkan Di Bidan Mandi Sebelum Melahirkan Persiapan Melahirkan Di Bidan

Setelah sebelumnya kita membahas tentang tanda-tanda persalinan akan tiba, dalam artikel ini kita akan membicarakan mengenai persiapan melahirkan. Melahirkan adalah proses yang sangat penting, karena proses ini melibatkan keselamatan calon ibu dan calon anak.

Oleh karena itu, kita tidak boleh sembarangan dalam menghadapi situasi menolong orang yang akan melahirkan. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar proses melahirkan berjalan lancar.

Tempat Melahirkan

Tempat melahirkan sangatlah penting untuk direncanakan. Semua ibu pasti sudah merancanakan dimana dia hendak melahirkan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperkirakan jarak tempat tersebut dengan rumah tempat tinggal.

1. Pilihan rumah sakit yang tepat

Misalnya saja, sang ibu ingin melahirkan di rumah sakit tertentu. Tentu saja, dalam memilih rumah sakit hendaklah memilih tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal, sehingga pada saat tanda-tanda akan melahirkan muncul, rumah sakit tersebut tidaklah susah untuk dijangkau.

2. Persiapan jalur tempuh yang lancar

Apabila tempat tersebut sudah familiar, hendaklah sang suami mencari beberapa jalur alternatif. Fungsi dari jalur alternatif adalah untuk menanggulangi adanya kemacetan pada jam-jam tertentu.

Sangatlah tidak mungkin untuk menahan sakit terlalu lama pada saat sang ibu hendak melahirkan. Oleh karena itu, sebaiknya sang suami sudah familiar dan memiliki rute tercepat menuju rumah sakit yang ingin dituju.

Dengan demikian, apabila pada saat perjalanan menuju rumah sakit ada kejadian yang tidak diinginkan seperti macet dan kondisi lainnya, sang suami dapat menggunakan rute lain yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Meskipun sepele, hal ini akan menjadi sangat penting dalam kondisi menjelang kelahiran sang bayi.

3. Penuhi segala administrasi rumah sakit

Tidak hanya soal perjalanan, segala kepentingan lainnya seperti pendaftaran rumah sakit maupun prosedur lainnya hendaklah sudah terurus sebelumnya.

Hal ini akan sangat membantu pada saat hari kelahiran. Apabila semua proses tersebut sudah diproses sebelumnya, maka proses penanganan kelahiran akan bisa cepat dilakukan.

Banyak sekali orang yang kurang tangkas dalam menangani kondisi ini. Kebanyakan dari mereka kerepotan dalam mengurusi tempat kelahiran karena memang belum berpengalaman menghadapi kondisi ini.

Persiapan Diri

Selain persiapan tempat melahirkan, persiapan lain yang tidak kalah penting adalah persiapan diri. Agar bisa menyelesaikan proses melahirkan dengan nyaman, tentu saja sang ibu harus mempersiapkan diri.

4. Pastikan tubuh sudah bersih

Persiapan diri yang bisa dilakukan oleh calon ibu pada saat menjelang proses melahirkan adalah dengan menjaga kebersihan diri. Sangat dianjurkan untuk bisa mandi terlebih dahulu sebelum proses persalinan.

Hal ini ditujukan supaya bisa meminimalisir adanya kuman penyakit pada saat melahirkan maupun setelah melahirkan. Dengan demikian, kemungkinan adanya infeksi dapat dihindari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya bulu kemaluan di dekat anus dibersihkan. Ini sangat disarankan untuk mendapatkan kebersihan pada calon bayi dan meminimalkan proses infeksi sang ibu.

5. Jaga kestabilan emosi Bunda

Selain menjaga kebersihan badan, sang ibu sangat disarankan untuk menjaga kestabilan emosinya. Oleh karena itu, ada baiknya tidak dalam keadaan terlalu capek.

Stamina harus dijaga untuk proses melahirkan. Hindarilah segala sesuatu yang memicu kepanikan sang calon ibu. Apabila memang perlu, calon ibu boleh berjalan-jalan ringan untuk mengusir kepanikan dan pemanasan sebelum proses persalinan.

Sebaiknya, sang calon ibu tidak makan berat, supaya pada saat proses persalinan tidak sedang dalam keadaan terlalu kenyang atau ingin melakukan buang air besar.

Meskipun simple, keadaan ini seringkali menimpa banyak orang, sehingga proses persalinan mengalami gangguan. Untuk menenangkan keadaan calon ibu, ada baiknya orang-orang terdekat diundang untuk memberi dukungan langsung terhadap calon ibu.

Hal ini akan sangat berpengaruh, karena dapat menimbulkan semangat dan kebahagiaan.

Persiapan Alat-alat

Selain persiapan rumah sakit dan persiapan diri, ada persiapan alat-alat lainnya yang sangat penting untuk diperhatikan. Seperti telah disebutkan diatas, transportasi dan jalur menuju rumah sakit sudah harus dipersiapkan jauh hari sebelum ada tanda-tanda akan melahirkan.

Namun yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah alat-alat kecil yang cukup penting yang akan digunakan pada hari kelahiran dan setelahnya.

6. Sediakan alas tahan air

Contoh sederhana yang sering dilupakan adalah alas yang tahan air. Ini sangat penting sebagai alas di dalam mobil pada saat membawa calon ibu menuju rumah sakit. Hal ini digunakan untuk menanggulangi pecahnya air ketuban sang ibu.

Apabila sang calon ibu terbiasa menggunakan produk tertentu seperti minyak yang digunakan untuk memijit, ada baiknya dipersiapkan sebelumnya untuk membuat sang ibu rileks dan mengusir rasa sakit di bagian tertentu.

7. Peralatan mandi dan ganti baju

Alat-alat yang bisa dibawa untuk proses setelah melahirkan adalah peralatan mandi dan baju ganti sang ibu. Sebaiknya, baju yang dipilih adalah baju yang tidak ketat dan nyaman dipakai.

Pilihlah bahan yang meresap keringat dan tidak mengganggu gerakan-gerakan ringan.

8. Make up ringan

Jangan lupakan alat make up ringan untuk sang ibu. Wanita sangat mementingkan alat make up, sehingga sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya.

9. Audio penenang jiwa

Apabila sang ibu senang mendengarkan suara-suara alam yang menenangkan jiwa, sangat dianjurkan untuk membawa MP3 dengan pilihan suara-suara alam yang menenangkan pikiran. Hal ini akan sangat membantu proses relaksasi yang harus dijalani sang ibu.

Perlengkapan Persalinan Di Bidan Persiapan Persalinan Di Bidan Perlengkapan Sebelum Melahirkan Persiapan Lahiran Di Bidan Yang Perlu Dibawa Saat Melahirkan Di Bidan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMelahirkan Tanpa Jahitan? Ini Rahasianya!
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCiri Ciri Rumah Sakit Bersalin yang Berkualitas
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMelahirkan Normal Atau Caesar, Pilih yang Mana?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKumpulan Pertanyaan Tentang Persalinan Dengan Cara Normal
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »