Pergerakan Janin Menjelang Proses Kelahiran | Janin Usia 9 Bulan Masih Aktif Bergerak

Janin Usia 9 Bulan Masih Aktif Bergerak Gerak Janin 9 Bulan Janin 9 Bulan Masih Aktif Bergerak Janin Jarang Bergerak Menjelang Persalinan Janin Jarang Bergerak Usia 9 Bulan

Pada ibu hamil secara umum kelahiran akan dimulai ketika usia kehamilan berada diantara 39 minggu hingga 41 minggu. Walaupun demikian persiapan sudah semestinya dapat dilakukuan sejak jauh-jauh hari. Ini tentunya karena berhubungan erat dengan kondisi bayi yang berbeda-beda dari ibu hamil, salah satunya adalah karena faktor penanganan segera yang dilakukan oleh ahli medis akibat adanya kelainan pada ibu hamil, janin maupun persalinan secara prematur.

Maka dari itu, penting bagi ibu hamil untuk dapat mengenali tanda atau ciri-ciri gerakan dari janin ketika menjelang kelahiran guna mempersiapkan diri menjelang persalinan sang bayi. Di saat kehamilan telah memasuki usia 36 minggu, maka janin telah memiliki ukuran maupun juga kematangan yang sudah siap dilahirkan. Bukan hanya itu, organ-organ tubuhnya juga sudah terbentuk secara sempurna, antara lain adalah dengan adanya ginjal, hari dan paru.

Minggu-Minggu Persiapan Perasalinan

Dimana hati pada janin berusia 36 minggu sudah mampu menghasilkan kotoran. Dengan adanya kesiapan di beberapa organ tubuh yang dimiliki bayi tersebut, dapat dikatakan bahwa kehamilan memasuki minggu-minggu persiapan menjelang kelahiran.

  • Minggu ke-37

Kondisi janin akan terus menerus mengalami gerakan, terutama untuk melatih paru-paru dalam menghadapi kesiapan pernapasan setelah nanti dilahirkan. Di usia 37 minggu inilah bayi mulai merubah posisi dalam rangka menyesuaikan diri dengan persalinan yang akan segera dihadapi. Gerakan-gerakan janin menjelang proses persalinan dalam minggu ke-37 ini dapat ditandai oleh bayi yang mulai turun ke panggul. Dimana normalnya kepala bayi akan menghadap ke jalan lahir menjelang kelahiran.

Gerakan yang selanjutnya ketika berada di usia ini yakni ditandai dengan adanya lapisan bulu-bulu halus yang mengalami kerontokan sekaligus vernix caseosa (lapisan pelindung bayi selama berada di dalam rahim) perlahan mulai menghilang, bayi juga akan menelan keduanya sehingga mempengaruhi buang air besar bayi yang pertama kali akan berwarna kehitaman.

  • Minggu ke-38

Memasuki usia minggu ke-38, umumnya ibu hamil akan sering mengalami terjadinya kontraksi. Bahkan gerakan bayi juga terus berkembang, salah satunya dengan menambah simpanan lemak guna membantu menjaga suhu tubuh bayi ketika persalinan.

  • Minggu ke-39

Berada di usia kehamilan 39 minggu, kondisi gerakan bayi tengah siap untuk menghadapi jalan lahir. Di minggu ini cairan amnion (jernih) sudah berubah menjadi pucat layaknya susu.

  • Minggu ke-40

Untuk minggu ke-40 dapat dikatakan sebagai minggu akhir kehamilan. Dalam usia ini kondisi rahim sudah semakin sempit. Sementara minggu terakhir bayi dalam kandungan menghasilkan hormon yang dikenal sebagai hormon kortison yang bersumber dari kelenjar adrenal. Hormon inilah yang bertugas untuk membantu penyempurnaan organ paru-paru sekaligus membantu mempersiapkan penerimaan udara ketika bayi lahir. Bukan hanya itu saja, namun organ reproduksi bayi laki-laki, secara umum testisnya telah turun sedangkan pada bayi perempuan memang ovariumnya masih berada di bagian pinggir panggul hingga dilahirkan.

Hal tersebut di atas akan menyebabkan munculnya beberapa keluhan pada ibu hamil seperti seringkali mengeluhkan rasa sakit di bagian panggul maupun tulang belakang. Namun ibu hamil harus pintar mengenai terjadinya kontraksi asli menjelang proses kelahiran, dimana kontraksi ini akan diawali dengan kontraksi yang kuat.

Pecahnya Ketuban

Untuk tanda kelahiran bayi yang sudah semakin dekat yakni pecahnya air ketuban. Karena pecahnya membran ini menandakan bahwa proses persalinan sudah sangat dekat. Cervix juga akan ditekan kepala bayi sehingga menunjukkan adanya rangsangan yang membuka pelepasan prostaglandin guna memicu kontraksi menjelang proses kelahiran bayi.

Hamil 39 Minggu Janin Masih Aktif Bergerak Gerakan Janin 9 Bulan Tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan Menjelang Persalinan Bayi Masih Aktif Pergerakan Janin 9 Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKondisi Suami Menghadapi Momen Persalinan Istri
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPersiapan Tepat untuk Melahirkan Normal
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMemilih Tempat Melahirkan! Manakah Lokasi Yang Paling Cocok?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »