Apakah Seorang Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Durian? | Bolehkah Ibu Hamil Makan Tempoyak

Bolehkah Ibu Hamil Makan Tempoyak Ibu Hamil Makan Tempoyak Bolehkah Ibu Hamil Makan Tempoyak Durian Hamil Muda Makan Tempoyak Makan Tempoyak Ketika Hamil

Ngidam, adalah sebuah istilah dimana seorang ibu hamil sangat ingin mengkonsumsi makanan tertentu. Kondisi seperti ini memang sering terjadi di banyak ibu hamil. Ada kalanya keinginan tersebut bersifat wajar, namun ada juga yang tidak wajar, sehingga membuat repot orang-orang yang berada di sekitarnya. Keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu memang wajar, akan tetapi ada baiknya Anda memperhatikan apakah makanan yang ingin dikonsumsi tersebut baik untuk kesehatan atau tidak.

Pantangan Makanan Dan Minuman Bagi Yang Hamil

Pada dasarnya tidak ada makanan yang dipantang secara khusus untuk ibu hamil, namun alangkah baiknya jika para ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan yang terbuat dari bahan ikan mentah, ikan setengah matang,  makanan dengan bahan dasar keju atau susu  yang tidak melalui tahap pasteurisasi, aneka minuman yang mengandung alkohol tinggi, dan yang terakhir adalah membatasi minuman yang mengandung kafein seperti teh dan juga kopi.

Apakah Durian Boleh Di makan Ibu Hamil?

Salah satu buah yang juga dipertanyakan layak atau tidaknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah durian. Banyak sekali orang yang bertanya apakah buah durian dapat mempengaruhi kesehatan janin atau tidak? Sebenarnya buah durian tidak mempunyai dampak buruk untuk seorang ibu hamil. Tapi yang menjadi masalah adalah dalam buah durian terdapat 2 macam zat yang dapat mempengaruhi kondisi janin.

Kedua zat tersebut adalah alkohol dan asam arachidonat. Asam arachidonat sendiri adalah sebuah senyawa yang dapat membentuk prostaglandin atau senyawa yang mampu merangsang terjadinya kontraksi. Jika kontraksi ini terjadi pada awal kehamilan tentunya akan mengakibatkan keguguran, sedangkan jika terjadi para trisemester ke-3 dan akan mengakibatkan kelahiran secara premature.

Kandungan alkohol dalam buah durian dapat mempengaruhi perkembangan janin, ketika bayi lahir, maka berat badannya rendah atau lahir secara premature. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir hal-hal seperti ini hanya akan terjadi ketika mengkonsumsi durian dalam jumlah banyak.

Jika Anda mengkosumsi durian yang masih segar, bersih, dan tidak berlebihan, maka tidak akan terjadi hal-hal yang disebutkan di atas. Batas wajar konsumsi buah durian untuk seorang ibu hamil adalah ½ buah dalam sehari.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah  tidak masalah jika seorang ibu hamil mengkonsumsi olahan dengan bahan dasar durian? Produk olahan dengan bahan dasar durian tentunya memiliki kadar alkohol dan asam arachidonat yang lebih kecil dibandingkan dengan buah durian segar.

Namun hal itu tidak membuat Anda dapat mengkonsumsi produk ini dalam jumlah banyak. Anda sebaiknya memperhatikan apakah makanan yang akan dikonsumsi tersebut mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh dan apakah proses pembuatannya juga higienis.

Salah satu produk makanan olahan dari durian adalah es cream durian, es cream durian ini mengandung gula dan juga lemak tinggi. Jika mengkonsumsi terlalu banyak dikhawatirnya akan berdampak pada kesehatan ibu dan janin.  Seorang ibu hamil harus dapat membatasi konsumsi lemak dan gula tinggi, karena hal ini akan mempengaruhi berat badan bayi.

Jika berat badan bayi terlalu besar, maka besar kemungkinan bayi akan lahir secara caesar. Produk olahan durian lainnya adalah tempoyak, makanan ini diolah dengan cara difermentasi. Proses makanan yang menggunakan cara fermentasi seperti ini kurang disarankan pada ibu hamil, karena dapat mempengaruhi sistem pencernaan pada ibu hamil.

Jadi anggapan masyarakat yang mengatakan bahwa mengkonsumsi durian ketika sedang hamil dapat membuat bayi dalam kandungan merasa panas itu tidak benar! Yang menjadi masalah adalah ketika  Anda mengkonsumsi secara berlebihan maka kedua zat tersebut akan mengganggu proses kehamilan Anda.

Sedangkan untuk Anda atau ibu hamil yang mempunyai penyakit diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini, karena dapat mengganggu kesehatan janin dan Anda sendiri.

Hamil Makan Tempoyak Tempoyak Bagi Ibu Hamil Bumil Majan Tempoyak Apakah Boleh Ibu Hamil Memakan Tempoyak Ibu Hamil Bolehkah Makan Brengkes Tempoyak

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Ampuh Menanggulangi Gangguan Sesak Nafas Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApakah Kista Dapat Menyebabkan Kemandulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »