Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil | Jurnal Bengkak Pada Kaki Ibu Hamil

Jurnal Bengkak Pada Kaki Ibu Hamil Jurnal Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Kehamilan selain memberikan kebahagiaan juga memberikan efek perubahan pada fisik sang ibu. Selain itu terdapat pula keluhan-keluhan yang muncul di masa kehamilan ini. Ada keluhan yang bersifat abnormal seperti nafsu makan yang berkurang, berat badan yang turun, kondisi kesehatan yang memburuk serta pembengkakan tidak wajar di bagian tubuh tertentu.

Namun perubahan lain yang nampak normal bagi ibu hamil adalah terjadinya pembengkakan di bagian kaki. Untuk diketahui, adanya perubahan baik dari fisik maupun psikologis ibu hamil dipengaruhi oleh hormon-hormon yang aktif di masa kehamilan tersebut. Sedangkan pembengkakan di kaki merupakan akibat dari tubuh yang menahan cairan.

Cairan yang harus ditahan di bagian kaki saat hamil lebih banyak 30% ketimbang saat keadaan normal. Selain cairan yang tertahan di bagian kaki, kondisi rahim yang membesar juga ikut berpengruh pada pembengkakan tersebut. Kerja pembuluh darah balik di kaki menjadi terhambat sehingga aliran darah ke jantung pun tidak lancar.

Meskipun pembengkakan di kaki ini wajar namun harus tetap di cari solusi untuk mengatasinya. Terlebih jika pembengkakan sudah semakin parah dan mengganggu aktivitas. Biasanya pembengkakan kaki akan muncul di usia kehamilan trimester ketiga.

Di mana berat badan sang ibu bertambah sehingga beban yang disanggga oleh kaki pun semakin berat. Untuk tetap merasa nyaman di masa kehamilan, Anda sebenarnya bisa mengendalikan pembengkakan kaki tersebut dengan menghindari penyebabnya.

Tips Mengatasi Kaki Bengkak Di Masa Kehamilan

Perhatikan posisi saat Anda duduk. Usahakan kaki Anda letaknya lebih tinggi dari bagian jantung. Hal ini akan membantu memperlancar peredaran darah menuju jantung. Ketika Anda tidur pun usahakan untuk memposisikan kaki lebih tinggi dari bagian kepala dan jantungĀ Caranya dengan mengganjal bagian kaki menggunakan bantal

Semakin tua masa kehamilan maka semakin besar perut Anda, dan semakin besar pula beban yang harus disangga oleh kaki. Usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama. Karena selain aliran darah dari kaki tidak bisa mengalir lancar, juga akan membuat Anda merasa pegal. Pegal tersebut merupakan reaksi dari kelelahan otot dan peredaran darah yang terganggu tadi.

Posisi saat tidur usahakan untuk miring ke bagian kiri. Bagi umat muslim tidur dengan posisi ini sangat dianjurkan dan ternyata memiliki dampak positif bagi kenyamanan ibu hamil. Hal tersebut karena pembuluh darah balik berada di bagian kanan sehingga bisa mengurangi tekanan pada bagian tubuh.

Saat berenang sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk berjalan di dasar kolam renang tersebut. Daya apung di dalam kolam dapat membantu mengangkat bagian perut sehingga aliran darah pun dapat bekerja dengan lancar

Saat hamil bukan berarti tidak berolahraga, justru olahraga dibutuhkan untuk membuat kondisi kehamilan lebih fit. Usahakan untuk mengatur jadwal olahraga yang tidak terlalu berat.

Olahraga ringan dapat membantu kesehatan baik si ibu dan kehamilannya, serta dapat melatih pernapasan yang berguna bagi proses persalinan nantinya

Jangan menggunakan sepatu yang telalu ketat atau mengikat bagian kaki. Sepatu seperti itu bisa menghambat peredaran darah, selain tidak nyaman pula digunakan saat hamil

Jangan berlebihan atau malah kekurangan dalam mengkonsumsi kandungan garam. Seimbangkan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Lakukan beberapa gerakan ringan yang dapat mengurangi pembengkakan kaki. Seperti ketika duduk Anda bisa memutar atau menekuk bagian pergelangan kaki. Gerakan tersebut dapat membantu mengurangi rasa lelah sekaligus membuat peredaran darah menjadi lancar.

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Ampuh Menanggulangi Gangguan Sesak Nafas Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApakah Kista Dapat Menyebabkan Kemandulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApakah Seorang Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Durian?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »