Cara Mudah Atasi Hidung Bayi Yang Tersumbat | Bolehkah Menyemprot Hidung Bayi

Ketika buah hati Anda mengalami flu, maka saluran pernafasan yang dimilikinya pun akan terganggu. Selain itu, bayi juga cenderung menjadi lebih rewel, dan sulit untuk tidur karena nafasnya yang memang terhalang.  Hal ini seringkali membuat para ibu merasa khawatir akan penyakit flu yang mulai diderita oleh buah hatinya. Karena itulah bagi Anda para ibu yang memiliki bayi, maka dibutuhkan pengetahui menganai cara yang tepat untuk menangani masalah flu tersebut yang menyumbat bagian hidungnya.

Beberapa Tips Tradisional

Sebelum penggunaan obat, sebaiknya ibu mencoba melakukan beberapa cara tradisional yang pada umumnya sudah sering dilakukan ibu pada bayinya dengan mudah. karena cara tradisional di bagian bawah ini memang jauh lebih aman untuk digunakan dengan penggunaan obat, diantarnya adalah  :

1.Penguapan dengan alami

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung bayi Anda yang tersumbat yaitu dengan menggunakan cara penguapan atau lebih dikenal dengan sebutan inhalasi. Cara yang satu ini dapat dilakukan dengan mudah dan juga alami di rumah, yang mana hanya tinggal menggunakan uap air yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Hal ini biasanya dilakukan oleh ibu dengan menyiapkan air panas dalam ember dan kemudian memberikanya beberapa tetes dar minyak telon.

Setelah itu simpannya di salah satu tempat yang dekat dengan bayi sehingga bayi dapat menghirup uap yang dihasilkan olehnya. Cara ini dapat membantu bayi dalam melegakan bagian hidungnya yang tersumbat. Selain itu Anda juga dapat membantu bayi untuk menghirupnya dengan membuat posisi telungkup dan mengarahkan bagia wajah bayi pada ember tersebut sehingga uap air tersebut pun  lebih mudah untuk dihirup.

2.Menghangatkan tubuh bayi

Ketika hidung bayi tersumbat Anda dapat melegakan bagian dari saluran pernafasannya dengan cara memberikan kenyamanan bagi bayi. Seperti halnya memandikan bayi dengan menggunakan air hangat, kemudian menjemur bayi di bawah dari sinar matahari pagi yang sehat. Dengan melakukan beberapa cara  yang berkaitan dengan kahangatan tersebut, maka hidung bayi yang mengalami penyumbatan pun akan segera pulih.

Selain itu, jika bayi sudah berada dalam posisi tertidur, maka Anda pun dapat mengatur suhu  ruangan, dengan cara menggunakan AC yang tidak berada dalam suhu rendah. Karena dengan suhu rendah, maka keadaan penyumbatan pada hidung bayi pun akan semakin parah. Pastikanlah sebelum bayi Anda tertidur untuk selalu mengoleskan minyak telon di beberapa bagian tubuhnya.

3.Memijat hidung bayi

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk melegakan hidung bayi yang tersumbat adalah dengan memijat bagian dari hidung bayi, utamnya pada bagian atas dari alis dengan lembut dan berhati-hati. Ketika melakukan pemijatan tersebut Anda dapat menggunakan minyak telon yang berfungsi untuk menghangatkan serta melegakan bagian tersebut. Hal ini dpat dilakukan dengan menggunakan sapu tangan yang lembut atau bahkan cotton bud. Namun untuk penggunaan cotton bud, sebaiknya lebih hati-hati dan hindari memasukkan cotton bud tersebut pada bagian hidung terlalu dalam .

4.Mengatur posisi tidur dari bayi

Ketika mengalami penyumbatan pada sistem pernafasan, maka posisi tidur yang dilakukan pun dapat mempengaruhi kelegaan dari tersumbatnya bagian tersebut. Karena itulah posisi tidur bayi pun menjadi hal penting yang wajib untuk diperhatikan, cobalah untuk memiringkan posisi bayi ketika ia tertidur baik itu ke samping kanan atau bahkan kiri. Namun saat melakukan kegiata tersebut, tetaplah pastikan jika kondisi dari kepala bayi berada jauh lebih atas jika dibandingkan dengan posisi dari badan bayi.

5.Larutan garam (asin)

Larutan garam adalah jenis obat tradisional yang berasal dari jaman dulu. Jenis larutan ini dipercaya sebagai obat yang mampu mencairkan ingus pada bayi sehingga hambatan yang dialaminya pun dapat lebih mudah untuk ditangani. Selain dapat menjadikan sumbatan menjadi lebih lancar dari bagian hidung. Untuk pembuatan dari larutan ini bisa dicampurkan antara setengah bagian sendok makan dari garam dengan 1 gelas penuh dari air hangat.

Setelah itu, maka larutan tersebut pun di masukkan ke dalam botol semprotan yang berguna untuk menyemprotkan bagian tersebut pada hidung bayi atau bahkan dapat dilakukan dengan menggunakan pipet. Bentuk pengobatan tradisional ini dapat dilakukan 2 kali 1 hari, namun ada pula yang munggunakannya sebanyak 3 kali dalam waktu 1 hari. Apabila Anda belum bisa menggunakannya maka dapat Anda lakukan dengan bantuan dari pihak lain, utamanya ibu yang berpengalaman.

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDoa menjelang persalinan hingga bayi lahir
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang16 Tahapan : Ajarkan Bayi Makan Sendiri
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang4 Tips Pemberian Obat Kepada Bayi Secara Aman
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »