Berbagai Tanda Kanker Payudara dan Metode Pengecekannya | Penyebab Areola Mengkerut

Penyebab Areola Mengkerut Areola Mengkerut Payudara Mengkerut Puting Payudara Mengkerut Aerola Mengkerut

Kanker payudara adalah sebuah penyakit dimana sel di area payudara mengalami pertumbuhan abnormal dan serangan tumor ganas yang terjadi membuat sel kanker mudah menyebar ataupun menyerang sel di sekitar payudara.

Apa Saja Penyebabnya?

Diantara sekian banyak kasus kanker payudara yang terjadi di masyarakat, ada berbagai hal yang menyebabkan seorang wanita akan menderita kanker payudara, diantaranya:

  • Faktor Genetis

Penyebab terbesar utama yang membuat seorang wanita akan menderita kanker payudara adalah masalah genetis, dimana ada gen kanker yang diturunkan dari orangtua wanita dan bermutasi didalam tubuh pasien. Gen yang dimaksud menalami mutasi adalah BCRA1 dan BCRA2.

  • Penggunaan terapi hormon

Pada saat seorang wanita memasuki usia menopouse, tentu ada keinginan dimana wanita tersebut ingin membahagiakan pasangannya dan hal ini umumnya diatasi dengan penggunaan terapi hormon post menopausal (menambahkan progesteron dan estrogen dalam tubuh). Namun ketika kadar hormon yang masuk tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh, hal tersebut mangakibatkan pertumbuhan tumor yang berkembang menjadi kanker.

  • Obesitas

Salah satu penyebab selain genetis yang wajib diwaspadai oleh seorang wanita tentang kanker payudara adalah obesitas. Hal tersebut karena endapan lemak mapun kolesterol yang menempel pada pembuluh darah akan menghambat penyerapan nutrisi yang masuk dan mempercepat pertumbuhan sel abnormal.

  • Radiasi

Salah satu penyebab kanker payudara berkembang dengan cepat dan tidak dapat diatasi adalah radiasi yang disebabkan oleh papaaran sinar x atau sinar ultraviolet yang terjadi ketika wanita yang bersangkutan mendapat perawatan tertentu menggunakan sinar atau radiasi sebelumnya.

  • Pola hidup tidak sehat

Ketika Anda menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan rokok, salah satu akibat yang dapat dirasakan ketika sudah memasuki usia menopouse adalah kanker payudara.

Apa Saja Gejalanya?

Dari berbagai penyebab diatas, tanda kanker payudara yang mungkin dirasakan oleh seorang penderita kanker payudara antaralain:

  • Benjolan payudara

Tidak ada banyak wanita yang bisa mengenali secara lngsung perubahan yang terjadi pada tubuhnya seperti pada bagian payudara. Hal ini karena munculnya benjolan pada payudara terkadang terasa wajar karena adanya perubahan hormon estrogen saat menstruasi. Oleh karena itu, ada beberapa hal terkait benjolan payudara yang harus Anda periksakan ketika Anda mulai merasakan:

-Benjolan baru di area sekitar ketiak ataau dekat dengan puting yang rasanya berbeda dengan benjolan sebelumnya, dimana benjola yang terjadi umumnya akan terasa lebih keras seperti gumpalan kerikil atau buah anggur.

-Puting akan mengalami penyusutan secara perlahan dan umumnya saat stadium kanker yang dialami mulai serius, puting akan terlhat tenggelam.

-Selain gejala PMS, Anda kan terus menerus merasakan nyeri dan pembengkakan yang terkadang juga disertai dengan gejala demam atau gejala lainnya.

-Payudara terlihat asimetri dimana ukuran payudara yang satu akan terlihat lebih besar daripada payudara yang lainnya.

  • Perubahan pada puting

Gejala lain yang wajib diwaspadai oleh setap wanita yang beresiko menderita kanker payudara antaralain:

-Pengelupasan kulit puting payudara, dimana bagian areola atau bagan hitam sekitar puting terlihat mengkerut dan kering. Kulit puting juga akan terlihat bersisik dan memerah sehingga pada saat disentuh akan terasa sakit.

-Kulit payudara akan mengalami perubahan tekstur dimana kulit terlihat menebal dan memiliki tektur seperti kulit jeruk. Dari tekstur kulit yang terlihat, tak jarang kulit payudara akan terlihat meradang dan mengeluakan darah.

-Pada area puting akan terdapat benjolan yang semakin lama semakin besar karena adanya peradangan pada kelenjar Montgomery yang berhubungan dengan pengeluaran air susu.

Lakukan Pemeriksaan Sendiri

Dari berbagai gejala diatas, jika Anda ingin terhindar dari penyakit kanker payudara, ada model pemeriksaan rutin yang dapat Anda lakukan di sela waktu aktivitas.

-Pemeriksaan pertama dapat dilakukan dengan cara berbaring pada permukaan yang rata terlebih dahulu, kemudian meletaakkan tangan kanan untuk menyangga bagian belakang kepala dan 3 jri tangan kiri digunakan untuk menekan payudara secara bergantian secara melingkar.

-Pemeriksaan kedua dilakukan dengan cara menekan bagian tengah payudara dan menggosok area puting maupun payudara keearah tengah untuk engetahui apakah ada benjolan yang terasa.

Aerola Disentuh Lalu Mengkerut Itu Kenapa Penyakit Kulit Seputar Areola Payudara Yang Mengkerut Payudara Putingnya Mengkerut Payudara Mengkerut Dan Nyeri

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAda Kista Tetap Bisa Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBerbagai Manfaat Kesehatan Minum Kopi Bagi Wanita
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBeragam Mitos Dunia Haid yang Dipercaya Wanita
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »