Mengindari Gatal Berlebih Pada Perut Hamil | Doa Agar Tidak Gatal Gatal Di Perut Ibu Hamil

Akibat ketidakstabilan hormon yang terjadi pada saat hamil, mulai dari siklus darah dan oksigen yang tidak menentu, ternyata hal tersebut dapat membuat ibu hamil terganggu oleh beberapa hal yang dilakukan secara tidak sadar, seperti menggaruk perut yang diakibatkan meregangnya urat otot pada perut dan sekitarnya.

Memiliki kebiasaan tersebut sangat mengganggu dan bukan menjadi solusi yang tepat untuk menyamankan kondisi saat hamil, bahkan cara tersebut dapat mengakibatkan resiko yang fatal dan berbahaya, karena bayi dalam rahim terus berkembang dan otomatis dalam bertambahnya waktu perut Anda semakin besar dengan meregang cepat.

Tips Menghidari StrechMark

Simak beberapa tips dibawah ini untuk menghindari efek gatal yang mengakibatkan stretchmark pada perut ketika kehamilan trimester ketiga:

1. Gunakan Lotion atau minyak zaitun

Jika Anda merasa gatal-gatal tersebut dalam keadaan yang wajar dan normal, cukup hanya mengolesi minyak lotion sebagai pelembab alami saja, salah satunya adalah minyak zaitun terbukti efektif mengurangi kulit kering dan gatal pada perut. Lakukan dengan rutin setelah mandi, oleskan secara merata pada perut Anda.

2. Menggunakan pakaian yang renggang

Saat hamil sebaiknya Anda menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan sempit, gunakanlah pakaian seperti celana yang longgar yaitu khusus untuk ibu hamil atau dress terusan yang nyaman untuk dikenakan. Karena penggunaan pakaian yang ketat menyebabkan tekanan pada kulit bagian pinggang, sehingga sangat mudah mengrutkan bagian perut Anda, seketika itu keringat pada bagian tersebut akan terjadi dan akhirnya bisa terserang rasa gatal.

3. Minum air hangat tetapi bukan mandi air hangat

Biasanya ibu hamil disarankan untuk memakan makanan ataupun minuman yang hangat-hangat, agar tidak terjadi pembesaran bayi dalam rahim. Karena pada dasarnya manusia menghasilkan hawa panas, dan syaraf-syaraf lebih identik mudah aktif dengan sesuai yang hangat.

Namun, perlu Anda ketahui untuk penggunaan mandi dengan air hangat sangat tidak dianjurkan karena ternyata dapat dengan cepat membuat kulit menjadi kering, sehingga mengakibatkan rasa gatal yang jauh lebih terasa.

4. Hindari parfum ketika hamil

Biasanya ketika masa kehamilan, ada beberapa respon kulit kita semakin meningkat kepakaannya, oleh karena itu hindari penggunaan parfum yang berlebih. Disarankan untuk tidak menggunakannya sama sekali, agar ruam dan iritasi pada kulit Anda tidak akan terjadi. Untuk memberikan badan yang wangi, lebih baik menggunakan bahan-bahan ataupun racikan yang alami.

5. menggunakan soda sebagai mengurangi iritasi

Dai beberapa penelitian, ternyata baking soda bisa membantu kulit Anda berkurang dari rasa sakit iritasi karena gatal. Caranya mudah, oleskan kepada bagian yang iritasi, kemudian tunggu hingga mengering, setelah itu bilas oleh air bersih.

6. Konsumsi makanan penambah kelembaban kulit

Konsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran yang memimliki tingkat “basa” yang cukup tinggi, sehingga kulit Anda akan semakin lembab dan tidak kering, sehingga rasa gatal berlebih akan berkurang. Untuk makanan dengan zat asam yang tinggi, seperti mie instan dan beberapa makanan yang banyak mengandung MSG.

7. Mengurangi pemakaian sabun mandi

Sabun mandi bukanlah solusi yang baik untuk menghilangkan rasa gatal, karena, sabun mandi mebantu untuk menghilangkan minyak pada kulit, sehingga kulit bukannya lembab, tetapi malah menjadi kering. Jika ingin memberikan kulit lembab dan sehat, mandilah dengan air biasa tanpa menggunakan sabun mandi, jika perlu gunakan lidah buaya untuk mempercepat tingkat kelembaban kulit Anda.

8. Mengompres menggunakan kain basah

Solusi terakhir yang bisa membantu Anda mengatasi ketika gatal sudah berlebih, yaitu mengompres perut Anda dengan kain yang sudah dibasahi dengan air normal. Tidak dingin tetapi tidak hangat. Proses tersebut seperti sebuah tanaman yang selalu diberikan kelembaban, sehingga semakin lama warna hijau dari tanaman tersebut semakin segar dan sehat.

Demikian beberapa informasi yang membantu Anda sebagai ibu hamil, untuk mengurangi gatal yang berlebih ketika sedang mengandung. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menambah referensi agar bisa mengatasi problem tersebut.

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKenali Gejala-gejala Penting Saat Hamil Muda
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHal – Hal Membuat Rasa Sakit Di Rahim Saat Hamil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangCara Mengurangi Nyeri Akibat Kontraksi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »