Berbagai Posisi Melahirkan Terbaik | Posisi Kaki Saat Melahirkan

Posisi Kaki Saat Melahirkan Posisi Kaki Saat Melahirkan Normal Posisi Melahirkan Posisi Melahirkan Yang Nyaman Kumpulan Posisi Melahirkan Yang Benar

Dalam proses persalinan, dokter akan mengarahkan ibu hamil yang akan bersalin dalam menentukan posisi yang tepat. Tidak semua posisi melahirkan yang paling baik.

Terkadang dokter akan memerintahkan atau meminta ibu mengubah posisinya dalam proses persalinan. Hal itu dilakukan untuk memperlancar proses persalinan. Contohnya, pada awalnya dokter akan meminta ibu untuk berbaring.

Namun, ditengah persalinan dokter mungkin menemukan kesulitan dalam proses persalinan yang mengharuskan ibu mengubah posisi bersalinnya menjadi dalam posisi miring.

Berbagai Posisi Artikel Pilihan Terbaik

Di artikel ini, kita akan mengenal 4 macam posisi melahirkan. Adapun 4 posisi melahirkan itu yaitu litotomi, lateral, jongkok, dan setengah duduk.

  • Litotomi atau Posisi Berbaring

Posisi ini merupakan posisi yang biasa dilakukan oleh ibu melahirkan. Ibu berbaring telentang di tempat tidur dengan menggantungkan kedua paha pada penopang kursi. Dengan posisi ini, dokter dan pasien mendapatkan beberapa manfaat. Ini adalah posisi default, dan untuk banyak orang ini adalah posisi terbaik.

Adapun kelebihan posisi melahirkan ini yaitu dokter dapat leluasa untuk membantu proses persalinan. Dengan posisi ini, dokter dapat mengecek dan mengukur perkembangan proses pembukaan jalan lahir.

Dengan begitu, waktu persalinan dapat diprediksi secara mudah. Selain itu, posisi bayi akan mudah di arahkan. Oleh karena itu, bayi dapat keluar secara normal.

Selain kelebihan tersebut, ada pula kelemahan posisi ini yaitu ibu akan lebih sulit untuk menegejan. Hal ini disebabkan karena gaya berat tubuh ibu berada di bawah sejajar dengan posisi bayi.

Dengan posisi ini mengakibatkan bagian diantara anus dan juga vagina dapat mengerang. Selain itu, pengiriman darah yang berlangsung dari pembuluh darah ke janin akan berkurang karena pembuluh besar yang mengalirkan darah tersebut berada di bawah posisi bayi.

Dengan demikian tekanan pembuluh darah akan meninggi dan dapat memperlambat peredaran darah.

  • Lateral Atau Posisi Miring

Posisi ini biasanya dilakukan jika posisi kepala bayi belum tepat. Ibu diminta untuk berbaring miring ke kanan atau ke kiri. Salah satu kaki ibu diangkat dan kaki satunya dalam keadaan lurus.

Dengan menggunakan posisi melahirkan ini, peredaran darah balik yang mengalir dari pembuluh darah ibu ke bayi dapat mengalir lancar. Dengan begitu kebutuhan oksigen yang dibutuhkan untuk bayi dapat terpenuhi secara maksimal melalui plasenta.

Proses melahirkan dengan posisi ini lebih lambat namun kenyamanan ibu dalam proses melahirkan akan lebih nyaman. Selain kelebihan menggunakan posisi bersalin ini, adapun kelemahan yang dialami oleh dokter dalam membantu persalinan.

Dengan posisi ini, dokter tidak dapat mengarahkan posisi kepala bayi secara leluasa. Selain itu, dokter juga akan mengalami kesulitan dalam melakukan tindakan episiotomi.

  • Posisi Jongkok

Posisi ini jarang dilakukan di dunia persalinan bayi. Ibu diminta untuk berjongkok di atas bantal yang empuk. Dengan menggunakan bantalan tersebut, kepala dan tubuh bayi akan mudah untuk dipertahankan.

Posisi melahirkan ini merupakan cara alami yang memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Dengan posisi dan cara melahirkan seperti ini, ibu tidak perlu mengejan terlalu kuat karena sudah dibantu oleh gaya gravitasi bumi.

Adapun kekurangan posisi melahirkan dengan cara ini yaitu kepala bayi dapat cedera. Jika kepala keluar dari jalan lahir ibu secara tertekan, hal ini memungkinkan kepala aka benjol atau terkena dengan benda keras.

Selain itu, dengan menggunakan posisi ini, pemantauan perkembangan pembukaan tidak dapat dipantau dengan leluasa. Tindakan-tindakan untuk memudahkan persalinan juga tidak dapat dilakukan secara maksimal

  • Posisi Setengah Duduk

Posisi ini membuat ibu nyaman dalam melakukan persalinan. Ibu diminta untuk duduk dipunggung bersandarkan bantal. Kaki ibu ditekuk dan pahanya dibuka ke arah samping.

Posisi ini merupakan posisi yang sering juga digunakan oleh dokter dalam membantu proses melahirkan. Dengan menggunakan posisi ini, suplai oksigen yang dibutuhkan oleh janin dapat ditransfer dari pembuluh darah ibu secara maksimal.

Selain itu, sumbu jalan lahir yang akan ditempuh janin menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, proses persalinan akan lebih cepat. Adapun kelemahan penggunaan posisi melahirkan ini yaitu ibu akan mudah lelah. Selain itu, ibu akan merasakan pegal-pegal pada punggungnya.

Kesimpulan dan Saran

Nah itulah informasi lengkap tentang posisi melahirkan. Untuk melakukan persalinan yang normal, kesehatan sang ibu adalah kunci utama. Berusahalah untuk melatih pernapasan dan juga kekuatan anda untuk mempersiapkan proses bersalin anda.

Dengan sering latihan dan menjaga kesehatan dan pola makan anda secara teratur, hal itu dapat mempermudah dan mempercepat proses persalinan anda. Dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan ibu yang akan melahirkan dapat berhati-hati dalam memilih gaya atau posisi persalinan.

Di jaman modern ini, terdapat banyak pilihan gaya persalinan yang dikemangkan oleh dokter. Untuk mengetahui kelebihan, manfaat, dan juga kelemahan gaya dan posisi tersebut, berusahalah mengkonsultasikannya kepada dokter anda.

Posisi Saat Melahirkan Macam Macam Posisi Melahirkan Contoh Gambar Posisi Melahirkan Yang Baik Posisi Melahirkan Normal Posisi Melahirkan Yang Benar

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTahap II Mendorong Dalam Proses Melahirkan Bayi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBeberapa Hal Yang Terjadi Pada Fase Pembukaan Dan Proses Persalinan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa YangG Dimaksud Dengan Prosedur Episiotomi?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips dan Trik Hilangkan Rasa Takut Saat Proses Persalinan Tiba
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »