11 Tips Mengatasi Anak Susah Makan | Doa Agar Anak Mau Makan Nasi

Doa Agar Anak Mau Makan Nasi Doa Agar Anak Mau Makan Doa Agar Anak Mau Makan Menurut Islam Doa Supaya Anak Mau Makan Doa Agar Anak Bayi Doyan Makan

Mengatasi anak yang susah makan adalah masalah yang sering dihadapi oleh para orang tua. Orang tua harus memikirkan seribu cara untuk mengatasi anak yang susah makan.

Terkadang anak yang susah makan dapat memicu stress pada ibu atau orang tua karena sering tidak berhasil walaupun sudah memakai banyak cara yang berbeda. Ibu sebagai orang tua anak akan selalu khawatir apabila buah hatinya tidak bisa mendapatkan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Anak yang mulai berusia 6 bulan, mulai diberikan makanan dalam bentuk padat yang digunakan sebagai makanan pendamping ASI. Pada masa itu, para orang tua harus lebih hati-hati dalam memperhatikan pola makan dari buah hatinya.

Pemberian makanan pendamping ASI dapat berupa sari buah, bubur susu yang kemudian berlanjut ke makanan yang memiliki tekstur lebih kasar seperti misalnya nasi tim hingga ke makanan yang lebih padat. Proses pemberian makanan ini tidak selamanya akan selalu berjalan dengan mulus.

Apa Yang Menyebabkan Akan Susah Makan?

Anak yang sulit makan biasanya dimulai ketika anak mulai menginjak usia pertama pertumbuhannya. Anak mulai mengetahui rasa makanan dan mulai pilih-pilih makanan yang dimakan seperti menjadi menolak makanan sayur atau hanya mau makan makanan tertentu saja.

Ada juga anak yang suka mengemut makanan yang dimakannya di dalam mulut dalam waktu lama. Hal ini sering membuat ibu menjadi khawatir akan gizi yang masuk ke dalam metabolisme anak, karena gizi sangat penting untuk mendukung kesehatan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Anak yang mengalami susah makan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor fisik maupun faktor psikis.

Faktor fisik dapat disebabkan karena adanya gangguan pada fungsi pencernaan atau dapat pula diakibatkan karena adanya infeksi yang menyerang di tubuh anak tersebut.

Untuk faktor psikis yang menyebabkan anak menjadi susah makan dapat diakibatkan karena suasana rumah tangga orang tua yang mengalami masalah tertentu.

Misalnya : nuansa lingkungan rumah yang kurang menyenangkan ketika makan, anak yang jarang menghabiskan waktu makan bersama dengan orang tua atau pun anak yang sering dipaksa untuk makan makanan yang tidak disukainya.

Bagaimana Mengatasi Anak Yang Susah Makan?

Mengatasi anak yang susah makan dapat dilakukan dengan mensiasati beberapa hal ketika anak makan. Berikut ini adalah tips yang dapat anda terapkan untuk mengatasi masalah anak anda yang susah makan.

1. Porsi kecil

Lambung anak belum memiliki kemampuan untuk menampung jumlah makanan yang terlalu banyak. Anda dapat membantu pencernaannya yang masih berkembang dengan memberikan makanan dalam porsi sedikit sedikit.

2. Makanan yang bervariasi

Buatlah makanan dalam beberapa variasi menu yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih makanan yang disukainya. Anak yang diberikan kesempatan untuk memilih sendiri makanannya akan cenderung lebih menyukai makanan yang dimakan.

3. Makanan yang menarik

Selain menyajikan makanan dalam beberapa pilihan yang berbeda, anda juga bisa memberikan tampilan makanan dalam bentuk yang menarik. Misalnya saja dengan membuat nasi goreng dengan cetakan boneka yang lucu sehingga anak menjadi lebih tertarik untuk makan.

4. Nuansa makan yang menyenangkan

Buatlan suasana makan yang menyenangkan, hindari memberikan makan dalam suasana yang menyeramkan seperti mengancam, menakut-nakuti, atau menghukum pada anak untuk membuatnya makan dalam jumlah banyak. Suasana tersebut akan membuat anak memiliki trauma psikologis terhadap makan sehingga berasumsi bahwa makan adalah saat yang tidak menyenangkan.

5. Makan dengan teratur

Biasakan anak untuk memiliki waktu yang teratur ketika makan, sehingga anak akan terbiasa makan tepat pada jam makan. Seperti juga untuk waktu tidur atau waktu mandi.

6. Camilan sehat

Anak yang mulai menginjak usia 2 tahun akan cenderung lebih aktif dan lebih banyak beraktifitas dalam mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Anak yang aktif lebih cenderung tidak mau diam sehingga untuk mensiasati anak tersebut anda bisa memberikan anak camilan yang sehat dalam porsi kecil. Camilan yang diberikan dapat memiliki variasi yang beragam agar anak tidak bosan seperti bola kentang yang memiliki isi wortel atau daging cincang, sus mini dengan isian fla coklat, donat dengan taburan keju dan lain sebagainya.

7. Hindari memberikan makanan dengan memaksa atau mengancam

8. Minimalkan juga gangguan seperti televisi ketika anda memberi makan anak

9. Mengajak anak ketika menyiapkan makanan

Anda bisa melibatkan anak anda ketika membuat makanan seperti mengambilkan buah atau sayur atau membantu menyiapkan meja makan.

10. Menghindari menjanjikan makanan penutup untuk hadiah

Janji tersebut akan memberikan kesan bahwa makanan penutup adalah makanan yang paling enak sehingga membuat anak lebih suka makan makanan manis.

11. Membatasi minuman di sela makan

Anak yang terlalu banyak minum di sela waktu makan akan lebih cepat kenyang dan menjadi tidak berselera makan.

Pastikan teknik pemberian makan yang Anda lakukan benar, jika tidak justru dapat membuat anak muntah / gumoh.

Doa Agar Anak Nafsu Makan Doa Agar Bayi Lahap Makan Doa Anak Mau Makan Nasi Amalan Agar Anak Mau Makan Doa Supaya Anak Kuat Makan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPanduan Memberikan Obat Kepada Bayi Dengan Aman
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHindari Memberikan Hukuman Saat Kita Marah dan Sikap yang Sebaiknya Diberikan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangSebelum Terlambat Jaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Kecil
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang5 Tips Mengajarkan Anak Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »