Ini Perubahan pada Tubuh Menjelang Terjadinya Persalinan | Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan

Tanda Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan Ciri Ciri Mau Melahirkan 2 Minggu Lagi Ciri Gerakan Janin Sudah Masuk Panggul Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul Berapa Lama Lagi Melahirkan Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul Tapi Belum Ada Tanda Melahirkan

Ketika hamil tubuh ibu memang akan selalu mengalami perubahan, bahkan menjelang terjadinya persalinan.

Hal ini dikarenakan kondisi badan akan selalu disesuaikan untuk mendukung pertumbuhan bayi. Biasanya perubahan yang paling terlihat adalah pada perut dan payudara, tetapi rambut dan kulit juga turut mengalami perubahan. Hal ini akan terjadi hingga menjelang persalinan untuk mempersiapkan kelahiran bayi.

Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda tidak perlu panik karena hal ini adalah wajar.

Beberapa Perubahan Bentuk Tubuh Menjelang Persalinan

Berikut ini beberapa perubahan pada tubuh ibu hamil sewaktu persalinan akan terjadi. Semuanya sebaiknya dapat disikapi dengan wajar agar ibu hamil tidak terlalu panik dan cemas.

Jika ibu hamil sampai mengalami cemas dan panik, hal ini dapat menyebabkan tubuhnya menjadi semakin tidak nyaman dan dapat berpengaruh kepada bayinya.

Jika perubahan memang sudah terasa sangat sakit, misalnya pada kontraksi, ibu hamil dapat berkonsultasi pada dokter untuk meminta nasehat.

–        Pertama yakni ibu hamil akan sering mengalami apa yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks.

Seringkali kontraksi ini disebut sebagai mulas palsu atau kontraksi palsu. Biasanya hal ini akan terjadi sekitar bulan ke-6 atau pada akhir trimester kedua, dan merupakan hal normal karena merupakan mekanisme latihan persalinan dari rahim.

Ciri kontraksi ini yaitu jarang muncul dan hanya sebentar saja, sekitar satu menitan. Terjadi dalam jarak yang teratur juga, tetapi sebentar dan tidak membuat perut menjadi semakin nyeri atau kuat, dan kemudian akan berhenti. Kontraksi ini justru akan membuat mulut rahim menjadi semakin matang dan siap untuk melakukan proses persalinan.

Jika ibu hamil mengalami kontraksi Braxton Hicks saat siang hari, maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan berjalan-jalan. Jika pada malam hari, maka ibu hamil disarankan untuk tidur. Ibu hamil juga bisa mengatasinya dengan cara berbaring di sisi kiri kemudian minum satu liter air putih selama kira-kira setengah hingga satu jam untuk mengurangi kontraksi.

–        Janin menurun

Jika waktu melahirkan semakin dekat, janin akan menjadi semakin turun menuju rongga panggul (pelvis). Ibu hamil dapat merasakan penurunan janin ini karena perut terasa menjadi lebih berat dan menekan sehingga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada rongga panggul.

Efek dari hal ini yakni ibu hamil akan mengalami buang air kecil lebih sering. Tetapi dengan turunnya janin ini, ibu hamil akan merasa lebih lega karena paru-paru menjadi lebih banyak ruang.

Di samping itu, hal ini juga menyebabkan puncak rahim (fundus) berkurang ketinggiannya. Fundus dapat diukur dari puncak rahim hingga puncak tulang panggul. Tinggi fundus yang berkurang dapat biasanya berawal ketika kehamilan mencapai 20 minggu.

Jika hal ini terjadi pada Anda, segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan seperti mengukur rongga panggul Anda, apakah cukup muat untuk dilalui janin atau tidak.

–        Effacement alias terjadinya pemendekan pada mulut rahim

Mulut rahim biasanya akan menutup pada keadaan normal untuk menjaga kehamilan sehingga janin tetap berada aman di dalam rahimnya ibu.

Mulut rahim memiliki bentuk menyerupai tabung yang terbuat dari bahan yang tebal serta fibrosa atau seringkali disebut sebagai kolagen. Panjangnya kira-kira 3 cm dan panjang ini dapat menipis, membuka, atau memendek (cervical effacement).

Biasanya dokter akan mengatakan berapa ukuran rahim Anda. Misalnya 50% effaced, berarti mulut rahim dari ibu hamil sudah mengalami pemendekan sekitar 50% atau kira-kira satu cm.

Mulut rahim juga menjadi menipis. Dan ketika melahirkan, mulut rahim ibu hamil dapat berubah menjadi setipis kertas. Pada kondisi ini dokter akan mengatakan bahwa rahim sudah 100% effaced.

–        Dilatasi atau pembukaan

Hal ini berarti bahwa mulut rahim mulai terbuka alias terjadi dilatasi. Seringkali mulut rahim membuka bahkan sebelum waktunya melahirkan tiba. Ibu hamil dapat mengetahui hal ni dengan pemeriksaan. Meskipun begitu, kepastian ibu hamil untuk melahirkan sebenarnya tidak dapat diketahui. Ada banyak faktor yang mendukung, misalnya saja oleh adanya kontraksi rahim.

Jika rasa mulas tidak terasa, ibu hamil bahkan dapat berjalan-jalan selama kira-kira dua minggu dengan mulut rahim yang sudah membuka kira-kira 2-3 cm.

– Tanda-tanda lainnya yaitu dapat dirasakan oleh ibu hamil kira-kira selama seminggu sebelum persalinan

Tanda-tanda ini yakni adanya kontraksi Braxton Hicks yang terasa semakin nyeri. Janin juga akan semakin turun menuju rongga panggul; Hal ini dapat menyebabkan nyeri pinggang menjadi semakin sakit. Ibu hamil juga akan sering mengalami buang air kecil. Nyeri lain yang sering dirasakan yakni nyeri pada punggung dan vagina.

Ketika persalinan dimulai, tubuh ibu hamil mengeluarkan hormon prostaglandin. Hormon ini dapat menyebabkan rahim berkontraksi. Di samping itu, meskipun jarang terjadi, usus besar juga dapat mengalami kontraksi.

Berapa Hari Lagi Melahirkan Setelah Kontraksi Palsu Ingin Melahirkan Sebelum Hpl Ciri-ciri Kepala Bayi Sudah Masuk Rongga Panggul Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan Contoh Tanda Janin Sudah Masuk Panggul

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangKondisi Suami Menghadapi Momen Persalinan Istri
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPergerakan Janin Menjelang Proses Kelahiran
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPersiapan Tepat untuk Melahirkan Normal
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMemilih Tempat Melahirkan! Manakah Lokasi Yang Paling Cocok?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »