Peranan Suami di Saat Persalinan | Kewajiban Suami Saat Istri Melahirkan Menurut Islam

Kewajiban Suami Saat Istri Melahirkan Menurut Islam Yang Dilakukan Suami Saat Istri Melahirkan Menurut Islam Peran Suami Saat Istri Hamil Dan Melahirkan Peran Suami Saat Istri Melahirkan Kewajiban Suami Saat Istri Melahirkan

Persalinan adalah masa terberat dan terindah dalam diri seorang wanita. Tetapi hal yang berat itu akan terasa indah dan bisa melawan rasa sakit yang di rasakan jika ada suami berada di samping kita. Yang selalu menemani dan memberi dukungan.

Berbeda dengan masa lalu yang tidak memperbolehkan suami masuk ke dalam ruang bersalin. Saat ini pihak rumah sakit dan dokter telah memperbolehkannya. Hal itu telah di sadari dengan adanya suami di samping persalinan istri maka akan sangat membantu. Suami bisa memberikan dukungan melebih orang lain. Ikatan hubungan orang tua dan anak pun akan makin terasa kental.

Peran Suami Saat Proses Persalinan

Lalu bagaimana dan apa peran yang bisa dilakukan suami di masa persalinan? Yang harus di lakukan saat suami mendampingi istri melahirkan yaitu :

  1. Berdoa

Sebelum dokter datang untuk membantu persalinan. Ajak berdoa bersama dengan istri agar persalinan tersebut lancar. Dengan berdoa maka akan membantu istri agar dia merasa lebih tenang. Bagi yang beragama Islam tidak ada salahnya agar suami berzikir selama proses persalinan. Yang di minta kepada Tuhan adalah kelahiran yang normal, lancar dan keselamatan bagi ibu dan bayi yang akan di lahirkan.

  1. Percaya

Dukungan dari suami sangat penting. Baik secara emosional ataupun secara lahiriah. Bantu istri agar merasa bahwa suaminya ada dan selalu berada di sampingnya. Berikan kekuatan kepada istri bahwa dia adalah wanita yang kuat. Jangan lupa percayakan bahwa Tuhan YME pasti memberi kelancaran bagi setiap hambanya yang mau berusaha.

  1. Berjalan kecil

Kontraksi yang belum sampai ke tahap sering yaitu lima menit sekali biasanya bidan atau pun suster menyarankan untuk berjalan-jalan di sekitar koridor rumah sakit. Nah disini peran suami sangat di butuhkan. Walaupun hanya membantu dan memegangi tangan istri ketika berjalan di koridor rumah sakit. Tetapi istri akan sangat bahagia karena dia merasa perjuangan untuk melahirkan anak dia tidak lakukan sendiri.

  1. Dukungan

Dukungan dari suami dan orang terdekat yaitu keluarga akan menumbuhkan semangat untuk berani menghadapi proses kelahiran. Semangat dan kasih sayang yang ditunjukkan suami ketika mengusap punggung istri saat terasa sakit inilah yang sedikit meringgankan rasa sakit persalinan. Saat yang paling di tunggu saat proses persalinan adalah ketika kepala bayi sudah mulai terlihat. Pada masa inilah suami akan lebih baik jika terus mengajak bicara agar semangat istri tetap terjaga. Berikan aba-aba sesuai dengan aba-aba yang di berikan dokter. Usap keningnya dengan tissu jika istri mengeluarkan keringat.

  1. Akhir persalinan

Setelah bayi keluar tentulah ibu akan sangat lelah dan lemas. Biasanya ibu sering merasa ngantuk. Namun yang perlu di waspadai jangan membiarkan istri tidur setelah persalinan. Tanyakan pada bidan atau pun dokter berapa lama istri bisa tidur usai persalinan. Ajak bicara dan bercanda agar istri tetap terjaga. Tunggui istri seusai bersalin.

Peranan Suami Setelah Proses Persalinan

Wajib juga di perhatikan terhadap dokter atau bidan yang menangani persalinan. Alangkah lebih baiknya jika suami tahu nama dokter atau bidan dan suster yang membantu proses persalinan. Hal ini dimaksudkan untuk lebih berhati-hati. Kita pasti tahu bahwa ada kejadian penculikan bayi di rumah sakit sering terjadi. Penculiknya mengaku sebagai dokter rumah sakit dan menyamar dengan seragam dokter.

Untuk menghindari semua itu maka suami yang memiliki kondisi yang lebih kuat perlu lebih sigap dan tanggap. Pastikan setelah membantu istri bersih-bersih setelah persalinan alangkah lebih baik jika suami melihat kondisi bayi di ruang bayi.

Peranan Suami Merawat Bayi di Rumah

Peranan suami saat persalinan memang sangatlah penting namun tak jauh berbeda setelah persalinan dan di bawa kerumah. Merawat dan terjaga di malam hari juga bisa di lakukan secara bergantiaan dengan istri. Misalnya jika malam hari dan bayi sedang menangis jika pekerjaan kantor tidak banyak. Suami bisa bergantiaan menggantikan popok bayinya.

Karena seringnya begadang setiap malam membuat istri tak jarang sering mengalami masuk angin. Kondisi yang kurang prima akan sangat memperngaruhi kualitas ASI. Sarankan dan perhatikan istri untuk memberikan ASI. Suami yang kini telah menjadi ayah dapat melakukan dukungan ibu untuk memberikan ASI ekslusifnya. Apabila istri menyaksikan suaminya melakukan hal berikut maka istri akan sangat bahagia. Karena istri merasakan dukungan yang kuat seorang suami kepadanya.

Kebahagiaan yang timbul dari istri tersebut dapat memicu produksi ASI agar lebih lancar lagi. Hal lain yang dapat di lakukan suami yaitu dengan menggendong si kecil ketika istrinya sedang mandi, makan atau beristirahat. Biasanya istri yang punya anak yang masih bayi kesulitan untuk melakukan hal itu. Bantu istri agar tetap tampil cantik di depan suaminya. Agar kepercayaan diri timbul walaupun berat badan dan perut istri yang belum susut sempurna.

Pijatlah Istri Untuk Menenangkannya

Setelah itu bantu istri memijat payudara hal itu bertujuan agar payudara ibu tidak bengkak. Beri pengetahuan kepada istri jika ia belum mengetahui bahwa menyusui itu harus di lakukan oleh dua buah payudaranya jangan hanya satu. Mulailah dari yang sebelah kanan sampai habis lalu lanjutkan yang kiri jika bayi masih lapar. Karena jika bayi belum merasa kenyang dan ibu memindah ke bagian payudara yang satunya lagi biasanya bayi akan ngambek dan menangis.

Sesekali sewaktu suami libur bantulah istri untuk memijat si kecil. Hal itu berguna agar bayi tidak cepat lelah dan rewel. Apabila suami berani bantulah istri untuk mencukur rambut bayi jika sudah panjang agar kepala bayi tetap rapi dan tidak mudah panas. Seusai mencukur rambut bisa di lanjutkan dengan memandikan bayi tersebut. Pakaikan baju dan minyak kayu putih agar badan bayi menjadi hangat. Jika bayi tersebut masih hitungan hari akan lebih baik jika di lanjutkan dengan bedong.

Hal ini bertujuan agar badan, tangan dan kaki bayi menjadi lurus. Pada saat ini bayi yang sudah mandi dan bersih akan mengantuk. Nah suami atau ayah bisa menjalankan peran berikutnya dengan meninabobokan. Menyanyikan lagu dengan suara pelan dan penuh kasih sayang. Sesekali usap keningnya agar bayi cepat tertidur. Gunakan penutup bayi setelah bayi tidur agar terhindar dari gigitan nyamuk yang akan menggigitnya. Jangan menyalakan obat nyamuk jika banyak nyamuk karena asap yang di timbulkan akan sangat berbahaya jika terhirup oleh bayi.

Yang Harus Dilakukan Suami Saat Istri Melahirkan Kewajiban Suami Saat Istri Hamil Menurut Islam Tugas Suami Setelah Istri Melahirkan Tugas Suami Saat Istri Melahirkan Tugas Suami Ketika Istri Melahirkan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTahap II Mendorong Dalam Proses Melahirkan Bayi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBeberapa Hal Yang Terjadi Pada Fase Pembukaan Dan Proses Persalinan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa YangG Dimaksud Dengan Prosedur Episiotomi?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips dan Trik Hilangkan Rasa Takut Saat Proses Persalinan Tiba
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »