Perkembangan Janin Pada Usia 7 Bulan | Keluhan Hamil 7 Bulan

Keluhan Hamil 7 Bulan Usia Kehamilan 7 Bulan Perut Sudah Turun Keluhan Ibu Hamil 7 Bulan Usia Kandungan 7 Bulan Perut Sudah Turun Keluhan Saat Hamil 7 Bulan

Saat janin mencapai usia 7 bulan dalam kandungan, lemak akan mulai menumpuk dan sebuah zat lemak yang disebut vernix (vernix caseosa) akan menutupi kulit janin. Dengan begitu, janin tidak akan basah di dalam cairan amnionya dan tubuh janin pun menjadi terasa hangat.

Pada masa ini, fungsi otak janin sudah mulai berkembang dengan begitu pesat dan permukaan otak janin menjadi berkerut-kerut yang nantinya akan berguna bagi perkembangan sang janin selanjutnya. Kurang lebih lima hari setelah proses pengerutan mulai berlangsung, sel-sel syaraf janin akan dilapisi oleh lapisan lemak yang bisa membuat proses penyampaian rangsangan dari ujung-ujung sel syaraf janin berjalan dengan lebih cepat, mudah, serta lebih efisien.

Satu hal yang perlu diketahui, otak manusia mengalami masa keemasan pada saat janin berada pada usia 7 bulan dalam kandungan hingga menginjak usia 5 tahun.

Perkembangan Janin Pada Minggu ke-25 Dalam Kandungan

Pada saat janin berada pada minggu ke-25 dalam kandungan, berat janin mencapai kurang lebih 700 gram dan panjang tubuh janin dari puncak kepala sampai ke bokong kurang lebih 22 cm. Sementara itu, jarak dari puncak rahim ke simfisis pubis adalah sekitar 25 cm. Jika ditemukan adanya indikasi medis, biasanya akan dilakukan USG berseri 2 kali selama seminggu.

USG berseri tersebut dilakukan untuk melihat apakah terdapat gangguan dalam perkembangan sang janin atau tidak. Indikasi medis sendiri bisa meliputi banyak hal dan hipertensi ataupun preeklampsia adalah salah satu contoh indikasi medis yang mungkin terjadi pada janin saat janin berada di dalam kandungan.

Perkembangan Janin Pada Minggu ke-26 Dalam Kandungan

Ketika janin berada pada minggu ke-26 dalam kandungan, pembuluh darah kapiler yang terdapat di bawah jaringan kulit janin akan mulai dialiri darah. Selain itu, permukaan kulit yang tadinya keriput akan secara perlahan menjadi semakin halus dan licin. Bukan itu saja, pada masa ini, mata janin juga telah terbentuk sempurna. Pada masa ini, telinga janin juga telah mampu mendengarkan. Minggu ke-26 juga menjadi masa dimana kepala janin menjadi lebih kecil daripada tubuhnya. Pada masa ini, ukuran kepala janin sudah proposional dengan ukuran tubuh janin.

Pada usia ini, diperkirakan berat janin hampir mencapai 850 gram dan panjang tubuh janin dari bokong sampai ke puncak kepala adalah sekitar 23 cm. Di usia ini, denyut jantung janin sudah bisa terdengar dengan jelas dan normalnya, jantung janin berdenyut sebanyak 120 sampai 160 kali per menitnya.

Sementara itu, untuk sang ibu, masa ini menjadi masa dimana rasa tidak nyaman yang bisa berupa keluhan nyeri pinggang, sakit kepala, serta kram kaki akan lebih sering dirasakan. Tak hanya itu, pada masa ini, keluhan nyeri yang terasa di bawah tulang rusuk serta di perut bagian bawah, terutama pada saat bayi bergerak, biasanya juga akan dirasakan oleh sang ibu. Penyebabnya yaitu karena rahim menjadi semakin besar sehingga rahim memberi tekanan pada semua organ tubuh sang ibu termasuk kantung kemih, usus kecil, dan rektum. Pada masa ini, tidak jarang juga ibu hamil mengalami sembelit sehingga mau tidak mau harus keluar masuk kamar mandi karena beser.

Perkembangan Janin Pada Minggu ke-27 Kehamilan

Saat usia kehamilan menginjak minggu ke-27, mata janin sudah terbuka dan untuk pertama kalinya, janin bisa melihat sekelilingnya. Pada minggu ini, janin terlihat seolah bernafas tetapi sebenarnya sang janin mengambil air dan bukannya udara. Hal ini merupakan latihan yang baik untuk paru-paru sang janin.

Di masa ini, berat tubuh janin sudah melebihi 1000 gram dan total panjang tubuh janin mencapai 34 cm dan jarak dari bokong ke puncak kepala janin adalah sekitar 24 cm. Pada usia ini, kelopak mata janin mulai terbuka. Sementara itu, retina yang berada di bagian belakang mata janin membentuk lapisan-lapisan yang memiliki fungsi untuk menerima cahaya dan informasi mengenai pencahayaan itu serta meneruskannya ke otak janin.

Perkembangan Janin Pada Minggu ke-28 Kehamilan

Minggu ke-28 kehamilan merupakan masa dimana testis bayi laki-laki turun ke kantung skrotum dan masa ini juga menjadi masa dimana jaringan otak janin berkembang. Di usia inilah janin dapat bermimpi. Pada masa ini, puncak rahim berada kurang lebih 8 cm di atas pusar.

Masa ini juga merupakan masa dimana gerakan janin semakin kuat dan intensitas gerakan pun menjadi semakin sering sementara denyut jantung janin juga semakin mudah didengar. Di minggu ini, tubuh janin masih terlihat kurus meskipun berat tubuh janin sudah mencapai sekitar 1100 gram dan panjang tubuhnya sekitar 35-38 cm.

Dibanding minggu-minggu sebelumnya, tubuh janin lebih berisi dan terdapat pertambahan jumlah lemak di bawah kulit janin yang terlihat kemerahan. Di usia kehamilan ini, jumlah jaringan otak janin meningkat dan rambut kepala janin juga semakin panjang. Selain itu, alis dan kelopak mata janin juga terbentuk sementara selaput yang tadinya menutupi bola mata janin sudah hilang di usia kehamilan ini.

Pesan Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, salah satu hal paling penting untuk dilakukan yaitu memeriksakan kehamilan paling tidak satu kali pada bulan ke 7. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah posisi kepala bayi sudah benar atau belum yang bisa juga disebut dengan istilah pemeriksaan presentasi kepala. Jika presentasi ternyata belum benar, ibu akan dianjurkan untuk melakukan upaya-upaya untuk membetulkan posisi dengan cara sering nungging, misalnya.

Satu lagi hal yang ibu hamil harus lakukan yaitu senantiasa memperhatikan konsumsi makanan baik dari segi kualitas maupun kuantitas mengingat pada posisi kecil harus lebih sering sebab rahim yang membesar sudah mulai mendesak perut sang ibu.

Dianjurkan juga bagi ibu dan keluarga untuk merencanakan tempat persalinan serta mempersiapkan biaya persalinan dan siapa yang memutuskan rujukan, alat transportasi yang nantinya akan digunakan, dan lain sebagainya. Bukan itu saja, berlatih mengejan juga termasuk salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh ibu hamil.

Pusar Sakit Saat Hamil 7 Bulan Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil 7 Bulan Kandungan Turun Saat Hamil 7 Bulan Keluhan Hamil 7bulan Keluhan Kehamilan 7 Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Terjadi Saat Janin Berusia Satu Bulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Perkembangan Janin
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerkembangan janin pada trimester kedua kehamilan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Pertumbuhan Janin Ketika Memasuki Usia 3 Bulan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »