Perkembangan Janin Pada Usia 8 Bulan | Hamil 30 Minggu Berapa Bulan

Hamil 30 Minggu Berapa Bulan 30 Minggu Berapa Bulan Usia Kandungan 29 Minggu Sama Dengan Berapa Bulan Usia Kandungan 31 Minggu Sama Dengan Berapa Bulan Hamil 30 Minggu

Kehamilan merupakan suatu kabar yang menggembirakan bagi setiap pasangan yang baru saja menikah. Oleh karena itu setiap pasangan yang akan mendapatkan bayi tentu saja menjaga kehamilannya dengan melakukan berbagai cara. Terlebih lagi pada bulan – bulan tertentu pada saat masih hamil muda sampai akan melahirkan.

Indera Bayi Semakin Berkembang

Semua indera dan juga organ tubuh bayi sudah mulai berkembang dan juga berfungsi dengan baik pada saat usia kehamilan menginjak 8 bulan, selain itu gerakan yang dilakukan oleh bayi yang masih ada di dalam perut tersebut juga sudah mulai terasa dengan jelas seperti menendang dan juga yang lainnya juga janin sudah terbentuk dengan sempurna karena kepala bayi juga berada di bawah, selain itu juga placenta pada janin bayi sudah mencapai tingkat kematangan juga paru – parunya sudah terbentuk dan berfungsi dengan sempurna.

Kantung ketuban mulai terasa sempit pada saat usia kandungan 8 bulan karena ukuran dari janin itu sendiri adalah sekitar 45 sampai dengan 50 cm dengan berat 1,8 kg. selain itu nantinya cairan yang bernama amnion akan mencapai volume yang sangat optimal kemudian setelah itu akan mengalami pengurangan.

Jari dan juga jari pada tangan bayi nantinya juga akan mulai tumbuh pada saat usia kandungan menginjak 33 minggu, selain itu kelopak mata bayi juga sudah bisa membuka dan menutup serta ditumbuhi dengan bulu mata seperti halnya bayi yang sudah lahir.

Untuk bisa bernafas, tentu saja bayi tersebut belum bisa bernafas dengan sempurna karena paru – paru dan ginjal dari bayi belum bisa berfungsi secara normal sehingga oksigen yang diperlukan oleh bayi tersebut masih dipasok dari ibu yang mengandung.

Janin 8 Bulan Sudah Bisa Mendengar

Meskipun masih berada di dalam kandungan, namun janin bayi yang ada di dalam janin tersebut sudah bisa mulai mempelajari suara ibu dan juga orang – orang yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu sebagian besar bayi yang sudah lahir akan terlelap saat dibacakan cerita oleh ibu karena memang sudah terbiasa mendengar cerita pada saat bayi masih berada di dalam kandungan.

Selain itu perkembangan saraf dan juga otak dari bayi tersebut sangat berkembang dengan pesat pada usia kandungan 8 bulan tersebut, dengan demikian akan befungsi semakin baik.

Kemudian janin tersebut juga akan mengkuti dan juga menyesuaikan kegiatan yang dilakukan oleh ibunya, biasanya sama seperti halnya orang janin tersebut akan beraktivitas pada pagi hari dan pada malam harinya, janin tersebut akan beristirahat. Singkatnya, mereka sudah bisa berinteraksi dengan orang tua mereka.

Perkembangan janin pada minggu ke – 29

Posisi kepala janin pada usia kandungan menginjak minggu ke – 29 ini, nantinya akan di bawah karena mempersiapkan diri untuk lahir nantinya, selain itu nantinya jaringan lemak juga akan terbentuk. Janin pada usia kandungan tersebut nantinya akan memiliki panjang rata – rata sekitar 37 cm dan juga berat sekitar 1250 gram.

Namun ada saat yang perlu untuk diwaspadai karena sebagian dari orang mengalami kelahiran premature yang mengakibatkan adanya kekurangan pada bayi yang lahir nantinya karena memiliki resiko kelainan pada fisik ataupun mental. Namun hal tersebut juga tidak selalu terjadi, oleh karena itu di dalam merawat kandungan harus berhati – hati dan selalu waspada agar nantinya tidak terjadi kelahiran premature.

Jika misalnya bayi dilahirkan pada minggu ke – 29 ini, maka nantinya bayi akan kesulitan untuk bernafas meskipun pada dasarnya juga mampu untuk bernafas, selain itu juga tetap bisa menangis meskipun suaranya juga pelan dan lirih. Namun perkembangan kehidupan juga bisa dibilang cukup tipis karena pembentukan paru – paru dan juga organ tubuh lainnya masih belum sempurna.

Namun jika memang perawatan dan juga menggunakan bantuan dari ahli medis yang sudah professional, nantinya kemungkinan bayi untuk bisa bertahan lama dan juga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sampai dewasa juga memungkinkan dan juga cukup besar.

Perkembangan janin pada minggu ke – 30

Janin pada usia tersebut memberikan perkembangan yaitu panjang bayi mencapai 38 cm dan berat dari bayi yang berada dalam kandungan tersebut sekitar 1400 gram. Selain itu memberikan rasa yang kurang nyaman bagi ibu karena puncak dari rahim berada sekitar 10 cm di atas pusar.

Terutama pada saat perut semakin bertambah besar nantinya menimbulkan rasa yang kurang nyaman pada bagian panggul dan juga pada perut. Dan pada saat usia kandungan ini, manjakan dan berbagi kebahagiaan dengan suami anda dengan memijat halus perut, dengan demikian nantinya anda akan merasakan gerakan halus seperti tendangan, sikutan, denyutan sampai dengan gerakan cepat yang meliuk – liuk serta rasa yang agak nyeri.

Namun anda juga perlu waspada karena dengan aktifnya beberapa gerakan tersebut nantinya bisa menimbulkan beberapa simpul dan jika simpul mati, maka akan sangat berbahaya karena nantinya asupan makanan yang disalurkan kepada bayi yang ada di dalam kandungan bisa terhambat atau bahkan bisa terhenti.

Selain itu bayi akan memenuhi ruang pada janin dan gerakan mendorong nantinya akan terasa juga anda bisa melihatnya di bawah kulit perut, selain itu otak bayi juga akan berkembang dengan cepat.

Perkembangan janin pada minggu ke – 31

Berat bayi pada minggu ini akan bertambah menjadi 1600 gram dengan panjang sekitar 40 cm, kemudian anda juga harus mewaspadai beberapa hal seperti mata yang berkunang – kunang dan juga nyeri pada tulang iga yang sebelah kanan terutama jika tekanan darah tinggi, selain itu juga jika kaki terlalu bengkak.

Dengan demikian ada baiknya jika anda selalu memeriksakan kondisi tubuh selama hamil dalam waktu minimal satu bulan sekali agar tetap terkontrol dan saat beristirahat, usahakan untuk tiduran miring juga tidak terlalu banyak kegiatan dan tidak terlalu kecapekan. Karena bayi yang semakin besar dan juga memenuhi ruang rahim, maka gerakan akan minimal dan posisi bayi juga dilipat pada siku juga kakinya.

Perkembangan janin pada minggu ke – 32

Posisi janin akan tetap kepala berada di bawah sampai lahir jika memang normal, kemudian gerakan janin akan lebih meningkat rata – rata sekitar 375 kali perharinya, tetapi anda tidak akan merasakan gerakan tersebut dan meskipun hanya 10 kali dalam satu hari gerakan yang anda rasakan nantinya bisa dibilang normal.

Pada usia kehamilan ini nantinya panjang bayi sekitar 42 cm dan berat sekitar 1800 sampai dengan 2000 gram. Dan pada usia minggu ke – 32 ini, pengecekan ke dokter harus lebih ketat yaitu 2 minggu sekali agar bisa terkontrol dengan baik. Dan pada usia ini ibu hamil yang memiliki kelainan jantung dan hipertensi, maka harus berhati – hati.

Hal tersebut karena nantinya akan membuat kinerja dari jantung semakin berat dan dengan demikian akan membahayakan bagi ibu dan juga bayi itu sendiri. Sehingga akan lebih baik jika selalu rutin untuk memeriksakan kondisi kandungan sehingga bisa dijaga dengan baik.

Saran Untuk Para Bunda

Pada fase ini janin sudah dapat berinteraksi secara terbatas dengan Anda, karenanya tidak ada salahnya untuk mencoba berinteraksi dengan mereka sebelum lahir.

Hamil 30 Minggu Itu Berapa Bulan Janin 30 Minggu Berapa Bulan Janin 30 Minggu 30 Minggu Sama Dengan Berapa Bulan 30 Minggu Itu Berapa Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Terjadi Saat Janin Berusia Satu Bulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Perkembangan Janin
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerkembangan janin pada trimester kedua kehamilan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Pertumbuhan Janin Ketika Memasuki Usia 3 Bulan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »