Perkembangan Janin Pada Usia 4 Bulan | Detak Jantung Janin 4 Bulan

Detak Jantung Janin 4 Bulan Hamil 15 Minggu Janin 15 Minggu Sudah Bisa Apa 4 Bulan Belum Terdengar Detak Jantung Cara Meraba Denyut Jantung Janin Dengan Tangan

Bagaimana perkembangan janin pada usia 4 bulan? Berikut penjelasannya.

Perkembangan Janin Saat Kehamilan Memasuki Minggu ke-13

Ketika usia kehamilan memasuki minggu ke-13, retina, kornea mata, iris atau selaput pelangi, dan lensa mata janin sudah dapat berfungsi. Pada masa ini, janin dapat mengedipkan mata dan selain itu, janin juga peka terhadap cahaya.

Tumbuh kembang sang janin sendiri didukung oleh plasenta yang menghubungkan sand ibu dengan janin dalam hal makanan dan pembuangan sisa metabolism serta penyaringan berbagai zat berbahaya. Kulit, otot, serta anggota tubuh janin telah terbentuk dan sudah berada pada posisinya dan pada usia kehamilan ini, janin sudah bisa merasakan detak jantung sang ibu.

Panjang tubuh janin adalah sekitar 7,5 cm dan trakea, paru-parui, hati, perut, serta pankreas dan usus janin berkembang ke fungsi terakhirnya. Pada minggu ini, pita suara janin sudah mulai terbentuk dan tunas gigi janin juga muncul dengan 20 gigi bayi. Pada usia kehamilan ini jugalah jari tangan dan telapak kaki sang janin mulai bisa terlihat.

Perkembangan Janin Pada Minggu ke-14 Kehamilan

Saat kehamilan memasuki minggu ke-14, telinga janin menempati posisi normal pada sisi kiri dan sisi kanan kepala dan begitupun dengan mata janin yang mengarah ke posisi sebenarnya. Bukan itu saja, pada masa ini, leher janin juga terus memanjang sementara dagu janin tidak lagi menyatu ke dadanya.

Sementara itu, alat-alat kelamin bagian luar juga mengalami perkembangan yang lebih nyata sehingga pada minggu ini organ seks sang janin sudah dapat dibedakan sehingga sudah bisa ditentukan apakah sang janin laki-laki atau perempuan.

Pada minggu ini, denyut jantung sang janin berdetak dengan begitu kuat dan bahkan bisa hampir 2 kali lebih kuat daripada denyut jantung sang ibu. Sang ibu sendiri dapat mendengar denyut jantung sang janin saat melakukan pemeriksaan dengan dokter.

Mengingat pada masa ini janin sudah memberi respons terhadap dunia di luar rahim sang ibu, janin kemungkinan akan bergerak bila sang ibu mengusap perut akan tetapi kemungkinan besar sang ibu masih belum bisa merasakan gerakan sang janin.

Perkembangan Janin Saat Kehamilan Memasuki Minggu ke-15

Janin sudah mulai bisa mendengarkan sang ibu, denyut jantung, suara perut, serta suara sang ibu saat kehamilan memasuki minggu ke-15. Pada minggu ini, janin mulai memiliki rambut di kepalanya dan selain itu, sang janin juga mulai memiliki alis serta bulu mata.

Ukuran sang janin menjadi sekitar 114 gram sedangkan panjang tubuhnya menjadi sekitar 15 cm. Pada minggu inilah kehamilan akan semakin terlihat dan demi kenyamanan sang ibu serta janinnya, sangat dianjurkan bagi sang ibu untuk mulai mengenakan baju hamil saat kehamilan memasuki minggu ini.

Alasannya yaitu karena kulit dan otot-otot, terutama yang berada di sekitar perut akan melar setelah mengalami peregangan luar biasa untuk mengakomodasi pembesaran rahim. Garis-garis regangan yang muncul disebut striae [Collins] atau dikenal juga dengan stretch mark dan biasanya muncul di daerah perut, payudara, serta daerah bokong dan panggul sang ibu.

Perkembangan Janin Saat Kehamilan Memasuki Minggu ke-16

Saat kehamilan memasuki minggu ke-16, panjang janin bertambah dengan begitu cepat dan gerakan-gerakan sang janin menjadi lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan sang janin dengan cara meraba perut.

Pada minggu ini, rambut halus tumbuh di seluruh permukaan tubuh sang janin, yang disebut dengan sebutan lanugo [Stanford Gallery]. Pada masa ini jugalah plasenta terbentuk dan sepenuhnya berfungsi. Panjang janin pada masa kehamilan ini adalah sekitar 16 cm dan berat tubuh sang janin adalah sekitar 135 gram.

Jika sang ibu melakukan USG pada masa kehamilan ini, kemungkinan besar jenis kelamin sang janin bisa diketahui. Pada minggu ini, otot janin juga sudah mengalami perkembangan dan menjadi kuat. Gerakan sang janin menjadi semakin aktif dan pada masa ini, sang janin sudah mulai menghisap ibu jarinya sendiri, menguap, serta merenggangkan tubuhnya, menelan kencing, serta cegukan.

Pada masa kehamilan ini, jika sinar terang diletakkan di perut sang ibu, janin akan menggerakkan tangannya ke arah matanya. Di minggu ini jugalah sistem pencernaan sang janin mulai menjalankan fungsinya. Dalam kurun waktu 24 jam, janin akan menelan air ketuban sekitar 450 sampai 500 ml.

Pada masa kehamilan ini, hati yang berfungsi untuk membentuk darah akan melakukan metabolism hemoglobin dan bilirubin kemudian mengubahnya menjadi biliverdin yang selanjutnya akan menjadi bahan sisa metabolisme yang disalurkan ke usus janin.

15 Minggu Berapa Bulan Usia Kehamilan 14 Minggu Sama Dengan Berapa Bulan Janin 15 Minggu Perkembangan Janin 15 Minggu Detak Jantung Normal Janin 4 Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Terjadi Saat Janin Berusia Satu Bulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Perkembangan Janin
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerkembangan janin pada trimester kedua kehamilan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Pertumbuhan Janin Ketika Memasuki Usia 3 Bulan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »