4 Tahapan Dalam Proses Persalinan | Tahapan Persalinan

Tahapan Persalinan Tahap Persalinan Tahap Tahap Persalinan Tahapan Proses Persalinan Jelaskan Tahap Persalinan

Tahapan proses persalinan ada beberapa. Namun kita perlu mengulas kebiasaan baik yang harus di lakukan untuk membantu proses persalinan tersebut lancar. Setelah menunggu selama Sembilan bulan, akhirnya tibalah waktu untuk melahirkan janin tercinta ke dunia ini. Bagaimana prosesnya? Berikut penjelasannya.

Tahap-tahan Persalinan Normal

1.   Tahap Pembukaan

Ketika serviks terbuka lebar maka darah akan keluar. Namun berlangsung lambat hingga tiga sentimeter. Pembukaan pada kehamilan pertama biasanya berlangsung selama dua belas hingga empat belas jam. Tetapi lain hal nya dengan kehamilan ke dua dan seterusnya lebih singkat yaitu enam hingga sepuluh jam saja.

Kontraksi pada saat menjelang melahirkan akan semakin sering jika pembukaan mencapai pembukaan akhir. Pembukaan akhir kurang lebih sepuluh sentimeter. Itu merupakan pembukaan sempurna.

Kontraksi yang semakin sering dan kuat akan mendorong bayi untuk keluar. Masa ini merupakan masa paling berat yang di alami oleh setiap wanita. Jika bisa di ungkapkan rasanya seperti ingin buang air besar.

2.   Tahap Pengeluaran bayi

Tahap ini sakit perut atau mulas yang di rasakan ibu makin sering. Rasa mulas itu bisa di rasakan hingga dua hingga tiga menit sekali. Tahap ini ibu juga akan mengedan karena tekanan yang kuat yang di berikan oleh bayi. Agar tidak robek paksa di daerah episiotomi. Biasanya bidan akan melakukan tindakan pengguntingan akibat tekanan bayi yang kuat.

3.   Tahap Pengeluaran Plasenta

Proses kelahiran biasanya terjadi dari lima hingga tiga puluh menit. Kelahiran yang terjadi antara bayi dan plasenta bersamaan karena plasenta menempel pada perut bayi. Plasenta yang keluar disertai dengan darah. Banyak nya darah kurang lebihnya antara 100-200cc. Kontraksi semakin kuat ketika plasenta keluar.

Setelah itu dengan sigap bidan akan membersihkan darah yang keluar dan bayinya. Pada era yang modern ini bayi yang di lahirkan tidak langsung di bersihkan. Melainkan di letakkan di atas dada ibu nya. Gunanya adalah mencari puting susu ibunya yang mempunyai tujuan agar kerjalin kedekatan ibu dan anak yang baru di lahirkan.

4.   Tahap pengawasan

Tahap pengawasan di lakukan oleh bidan selama kurang lebih dua jam setelah melahirkan. Terjadinya proses pendarahan itu karena lemah nya kontraksi dan juga otot-otot yang berada di rahim tidak berkontraksi.

Tips Agar Persalinan Menjadi Mudah

Ajak bicara si janin juga penting di lakukan setiap saat. Bacaan yang di ceritakan pun harus yang berakhir dengan happy ending. Janin sangat senang mendengar suara kita apalagi suara kita. Karena bagi janin suara ibunya adalah suara terindah.

Mengkonsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh. Yang mengandung seluruh komponen yang di butuhkan secara seimbang. Salah satu asupan lemak yang di butuhkan oleh janin yaitu DHA. DHA penting bagi pertumbuhan otak janin.

Kebutuhan gizi untuk ibu hamil meningkat saat trimester ketiga dan menyusui.  Selain gizi yang harus di perhatikan pada trimester ke tiga ini juga harus mengikuti senam hamil.

Senam hamil dimaksudkan untuk membantu proses persalinan. Alasannya dengan melakukan senam hamil dapat memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot dinding perut dan dasar panggul yang penting bagi proses persalinan.

Melatih sikap tubuh yang berfungsi meringankan dari keluhan rasa sakit sewaktu proses persalinan berlangsung. Membantu mengatasi rasa stres yang mendera pada ibu ketika akan melahirkan.

Dengan dapat di atasinya rasa stres membuat ibu yang akan melahirkan merasa rileks. Serta dapat membantu ibu hamil untuk membantu melatih pernafasan pada saat melahirkan. Begitu pentingnya melakukan senam hamil maka hal ini perlu di lakukan secara rutin.

Senam hamil pun dapat di lakukan di rumah. Hal itu dapat di lakukan bagi ibu yang sangat sibuk atau pun jarak klinik bersalin jauh dari rumah. Senam hamil yang di lakukan dirumah juga lebih fleksible karena bisa di lakukan sambil melakukan pekerjaan sehari-hari.

Seperti nonton TV, menjahit, dll. Posisi ideal untuk melakukan senam hamil adalah dengan duduk bersila.

Mengetahui Tanda-tanda Persalinan Agar Tidak Panik

Tak hanya itu, kita juga perlu mengetahui tanda-tanda menghadapi persalinan  diantaranya keluarnya lendir yang bercampur darah dari jalan lahir, penipisan dan pendataran leher rahim dan juga pecahnya ketuban secara spontan.

Agar tidak panik ada jika kita melihat rasa sakit yang timbul. Pada kehamilan pertama rasa sakit biasanya timbul tiap lima menit dan sepuluh menit pada kelahiran selanjutnya.

Setelah perut rasanya mulas dan keluar darah lendir dan ketuban barulah segera di rujuk ke klinik bersalin terdekat.

Menyusui Bayi Setelah Melahirkan

Setelah proses melahirkan tahapan berikutnya mengenai proses menyusui. Menyusui perlu di lakukan dengan cara-cara yang benar diantaranya adalah sebelum menyusui hendaknya mencuci kedua tangan menggunakan sabun hingga bersih.

Basuh kedua puting susu dengan menggunakan kapas yang telah di celupkan kedalam air hangat. Menyusui disarankan dengan posisi duduk agar bayi tidak mudah tersedak. Ketika menyusui di lakukan dari payudara kanan dulu lalu ke kiri sampai bayi merasa kenyang.

Setelah menyusui hendaknya mulut bayi dibasuh dengan kapas yang telah di celupkan ke dalam air hangat. Hal ini bertujuan agar tidak ada noda putih yang menimbulkan rasa gatal dan perih di daerah seputar bibir bayi.

Jangan menidurkan sebelum bayi bersendawa. Untuk mempercepat proses bersendawa bisa di gendong dengan di berdirikan. Tempelkan badan bayi pada telinga kita.

Apabila masih ada sisa ASI pompa dengan alat pompa susu. Agar air susu yang di hasilkan banyak bayi harus di susui lebih sering. Minimal selama delapan kali dalam sehari semalam. Bisa di hitung yaitu tiap payudara 10-15 menit.

Menyusui dengan bergantian juga dapat meningkatkan produksi ASI. Asalkan yang satu dulu hingga habis baru yang satunya. Saat sedang menyusui lakukan secara rileks dan tenang. Hindari pemakaian dot ataupun empeng.

Hal ini membuat bayi malas menyusu. Hindari pula memberikan makanan tambahan bagi bayi di bawah usia enam bulan.

Dan yang terakhir di larang bagi ibu yang melakukan diet ataupun berpantangan mengkonsumsi maknan tertentu. Sangat di sarankan lebih mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar.

Bonus : Mitos Musik Untuk Kecerdasan Bayi

Kebiasaan yang baik wajib di lakukan agar bayi yang di lahirkan sehat dan cerdas. Namun ternyata ada mitos yang salah tentang kebiasaan yang perlu dilakukan agar bayi lahir sehat dan cerdas.

Beberapa contoh di antaranya yaitu mendengarkan musik. Mitos tersebut berbunyi bahwa wejak usia kehamilan memasuki usia dua puluh minggu di sarankan agar janin di stimulasi dengan menggunakan musik klasik. Terutama Mozart.

Menurut mitos tersebut, hal ini bertujuan untuk menambah sel otak pada janin. Panduannya adalah memperdengarkan musik klasik Mozart kepada janin pada usia dua puluh minggu. Baik jika di lakukan pada malam hari. Perdengarkan dengan kondisi headphone menempel pada perut ibu. Waktu yang pas digunakan adalah enam puluh menit dan sesuai dengan urutan Mozart.

Mitos ini sudah dibantah pada artikel yang menjelaskan tentang tidak bermanfaatnya musik Mozart atau musik klasik lainnya, seperti pada artikel Music May Not Make You Smarter,  Mozart Doesn’t Make You Smarter, dan The Mozart Effect Myth.

Proses Terjadinya Persalinan Jelaskan Tahapan Persalinan Jelaskan Proses Persalinan Ada 4 Tahap Persalinan Jelaskan Proses Terjadinya Kelahiran

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTahap II Mendorong Dalam Proses Melahirkan Bayi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangBeberapa Hal Yang Terjadi Pada Fase Pembukaan Dan Proses Persalinan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa YangG Dimaksud Dengan Prosedur Episiotomi?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTips dan Trik Hilangkan Rasa Takut Saat Proses Persalinan Tiba
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »