Perkembangan Janin Pada Usia 6 Bulan | Usia Kandungan 6 Bulan Perut Masih Kecil

Usia Kandungan 6 Bulan Perut Masih Kecil Hamil 6 Bulan Perut Kecil Hamil 6 Bulan Perut Masih Kecil Hamil 23 Minggu Perut Masih Kecil Perut Kecil Saat Hamil 6 Bulan

Bagaimana kondisi janin pada usia 6 bulan? Berikut penjelasannya

Kondisi Umum Janin Pada Usia 6 Bulan

Janin pada usia 6 bulan yang masih memiliki ukuran sangat kecil ketika dilihat melalui suatu alat tertentu akan terlihat bahwa sudah terdapat garis-garis yang ada di telapak tangan serta ujung jari.

Pada masa ini, perkembangan indra pendengaran dimulai walaupun masih belum sempurna. Tulang juga terus tumbuh dan berkembang menjadi semakin kuat. Janin dalam usia 6 bulan memiliki panjang sekitar 33 cm dengan berat 570 gram.

Pada tahap ini, janin sudah tidak dapat bergerak dengan bebas, mengingat ruangan yang disediakan dalam rahim telah diisi oleh bayi. Janin dengan usia 6 bulan memiliki posisi yang meringkuk dengan tangan yang ada di depan dagu serta kaki tertekuk di dekat dada.

Janin yang sudah berumur 6 bulan akan memiliki kemampuan untuk mendengarkan adanya suara dari luar serta mampu merasakan hal-hal yang dirasakan oleh ibu yang mengandung janin tersebut.

Ibu hamil yang merasakan stress, kesal, cemas, sedih maupun bahagia akan dirasakan juga oleh janin yang dikandungya. Hal ini diakibatkan oleh adanya hormon adrenalin yang menembus plasenta sehingga mampu membuat janin terpengaruh kondisi emosinya.

Ketika ibu hamil menyentuh bagian dinding perut yang berbeda, ibu hamil tersebut akan mampu merasakan bagian dari tubuh janin yang berbeda. Pada saat otot rahim dari ibu menegang, ibu hamil tersebut dapat merasakan adanya sakit pada bagian perut.

Tumbuh kembang janin pada usia minggu ke-21

Janin yang berusia 21 minggu telah memiliki sistem organ yang telah dapat berfungsi dengan baik. Pada waktu ini, janin akan semakin aktif sehingga perlu dihindari bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga yang bersifat peregangan maupun adanya sifat kompetitif.

Pada waktu ini, perut ibu hamil juga akan semakin membuncit sehingga membuat keseimbangan dari tubuh menjadi tidak terlalu baik. Ibu hamil harus hati-hati agar tidak mudah jatuh.

Tumbuh kembang janin pada usia minggu ke-22

Pada usia minggu ke-22, janin telah mulai dapat merasakan sekitarnya, sehingga ketika ibu hamil menyentuh perutnya atau memperdengarkan janin dengan suara yang menenangkan, janin akan menjadi tenang.

Pada masa ini, tubuh dari janin akan mulai melakukan proses pembentukan sel darah putih yang sangat penting untuk membantu tubuh janin dalam melawan berbagai penyakit serta infeksi yang menyerang tubuh.

Kelopak mata janin juga sudah dapat berfungsi secara sempurna untuk membuka dan menutup untuk melindungi bagian mata. Pada minggu ini, jantung janin juga telah berubah sehingga sudah mulai mampu memompa darah ke tubuh janin.

Tumbuh kembang janin pada usia minggu ke-23

Ketika janin berusia 23 minggu, janin akan memiliki panjang kurang lebih 23 cm. Ukuran kepala yang mulai sesuai dengan ukuran tubuh. Ketika dilihat, janin dalam usia ini sudah terlihat sebagai bayi sempurna, hanya memiliki ukuran yang kecil dan kurus.

Anda juga sudah dapat mendengarkan detak jantung dari bayi menggunakan stetoskop ketika anda menempelkan stetoskop di perut ibu hamil. Janin di usia ini melalui proses pertumbuhan otak dengan ritme yang sangat cepat.

Kulit dari janin di usia ini memang masih terlihat keriput karena konsentrasi lemak di bawah kulit yang masih sangat sedikit. Terdapat pula rambut lanugo yang bertugas menutupi seluruh tubuh dari janin, terkadang rambut ini memiliki warna yang lebih gelap pada usia janin di minggu ini.

Tumbuh kembang janin pada usia minggu ke-24

Pada usia minggu ke-24, janin telah memiliki pendengaran yang sempurna. Ibu hamil juga dapat merasakan adanya pergerakan janin yang sesuai apabila terdapat suara musik yang ada di lingkungan sekitar ibu hamil.

Ketika terdapat suara yang tidak disukai oleh janin tersebut, janin akan menunjukkan suatu respon tidak suka. Pada usia ini, janin juga sudah memiliki pola tidur dan bangun, ibu hamil dapat mengetahui waktu ini ketika calon bayi terasa selalu bergerak atau ketika bayi dalam keadaan diam.

Kelopak mata dari calon bayi juga sudah sempurna serta dengan adanya bulu mata.

Hamil 24 Minggu Perut Masih Kecil Bentuk Perut Hamil 6 Bulan Janin 6 Bulan Perkembangan Janin 6 Bulan Bentuk Perut Ibu Hamil 6 Bulan

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Terjadi Saat Janin Berusia Satu Bulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Perkembangan Janin
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerkembangan janin pada trimester kedua kehamilan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Pertumbuhan Janin Ketika Memasuki Usia 3 Bulan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »