Perkembangan Janin Pada Usia 2 Bulan | Janin 2 Bulan Apakah Sudah Bernyawa

Janin 2 Bulan Apakah Sudah Bernyawa Janin 6 Minggu Apakah Sudah Bernyawa Janin 2 Minggu Apakah Sudah Bernyawa Janin 7 Minggu Janin 7 Minggu Sudah Ada Detak Jantung

Kodrat para kaum hawa untuk hamil memang tidak bisa dihindari. Bagaimanapun kerasnya kita menolak kehamilan, pasti saja sebongkah embrio berkembang dan tumbuh di dalam rahim kita. Hal ini pastinya menjadi kebahagiaan tersendiri untuk para Bunda.

Tapi sayangnya Bunda, tak semua wanita bahagia ketika mereka mengetahui kehamilannya. Hal ini umum terjadi pada mereka yang tak merencanakan kehamilan ataupun para pasangan yang belum menikah.

Umumnya Terlambat Mengetahui Kehamilan

Umumnya wanita memang baru menyadari bahwa mereka tengah hamil ketika usia kandungan telah memasuki 2 bulan. Berakhirnya minggu ke-4, zigot biasanya telah menempel ke dinding rahim Anda Bunda.

Hal ini pastinya menghentikan menstruasi yang lumrah dialami setiap bulan oleh Bunda. Hanya saja Bunda akan mengalami flek atau bercak kecoklatan yang sering disalahartikan dengan tanda menstruasi. Padahal ini adalah tanda terjadinya implementasi dan pelepasan hormon HCG.

Perkembangan Janin Pada Usia 2 Bulan

Nah Bunda. untuk Anda yang sudah ingin tahu perkembangan janin dari awal kehamilan, berikut tahap perkembangan janin dalam 2 bulan.

  • Perkembangan janin pada minggu ke-5

Pada minggu ke-5, calon bayi Anda sudah terbentuk menjadi embrio. Ukurannya berkisar seperti biji apel namun perkembangan detak jantung sudah mulai terasa. Pada minggu-minggu ini juga plasenta dan tali pusat sudah bekerja sepenuhnya Bunda.

Perkembangan vesikel-vesikel otak primer dan sistem saraf sudah mulai berjalan serta terlihatnya benjolan calon kaki dan tangan. Embrio Anda juga sudah membentuk telinga yang sempurna karena sudah dilengkapi oleh duktus endolimfatikus.

Ini adalah saluran yang akan menyalurkan cairan yang ada di dalam selaput labirin. Sistem pencernaan calon bayi pun sudah semakin sempurna karena telah bekerja plasenta dan tali pusat.

Bukan hanya itu Bunda, embrio juga berkembang membentuk cikal bakal ginjal dan hati. Bila dilakukan USG, Anda akan melihat struktur wajah calon bayi yang mulai terlihat jelas. Dengan kata lain, struktur wajah mulai “terbaca” oleh Anda dan pasangan.

  • Perkembangan janin pada minggu ke-6

Memasuki minggu ke-6, calon bayi Anda akan terlihat seperti berudu. Perkembangannya pun cukup pesat, dengan ukuran tubuh kurang lebih 1/17 inchi.

Pertumbuhan embrio semakin lengkap dengan pembuluh-pembuluh nadi di bagian kepala yang terlihat semakin jelas. Tentunya pembuluh nadi ini dibagi berdasarkan tugas masing-masing.

Nah Bunda, minggu ke-6 ini menjadi tahapan baru bagi perkembangan janin sendiri. Pasalnya kita mulai mengenali bagian kepala, ekor, tangan dan bagian tubuh calon bayi yang lainnya.

Tak hanya itu, calon bayi akan memulai pembentukan hati, pankreas, paru-paru, kelenjar tiroid, dan jantung. Di minggu ini pula Bunda bisa melihat bagian rongga mulut yang semakin jelas serta bagian mata yang semakin menjauh antara satu dan lainnya.

Satu hal yang pasti, tonjolan hidung akan muncul di tengah-tengah wajah. Perkembangan embrio semakin lengkap dengan ruas-ruas tulang belakang yang terlihat samar.

  • Perkembangan janin pada minggu ke-7

Bunda, di usia kandungan 7 minggu, Anda akan dikejutkan dengan perkembangan janin yang semakin matang. Pasalnya, ukuran embrio sudah berkisar 11 hingga 17 mm dengan jantung yang telah bekerja sempurna dan lengkap.

Untuk pertama kalinya, embrio akan mengalami sistem kehidupan yang sangat dahsyat. Otot dan saraf bekerjasama, refleks dan gerakan spontan yang mungkin belum bisa Anda rasakan. Satu hal yang pasti, otak calon bayi Anda telah terbentuk sempurna.

Struktur wajah janin Anda semakin terlihat jelas dengan bagian hidung, bibir, lidah dan gigi yang mulai terbentuk dan mata yang telah terlihat berwarna hitam. Sayangnya bagian mata ini memang belum dilengkapi oleh kelopak mata.

Ruas-ruas tangan calon bayi sudah memisah antara satu dengan yang lainnya. Bagian lengan pun sudah terlihat menyiku, hal ini terjadi pula pada bagian kaki. Anda sudah bisa membedakan jemari kaki, telapak kaki walaupun masih terlihat samar.

Pertumbuhan tunas tangan memang jauh lebih cepat ketimbang tunas kaki sendiri. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa buah hati Bunda jauh lebih cepat belajar memegang sesuatu daripada berjalan.

  • Perkembangan janin pada minggu ke-8

Minggu ke-8 adalah akhir dari bulan kedua sebelum memasuki bulan selanjutnya. Pada masa ini, embrio Anda sudah berukuran kurang lebih 25-30 mm.

Wajah polos dengan kepala membulat yang terlihat sangat khas anak-anak mulai terlihat karena bagian antara dahi dan pangkal hidung yang tertarik ke dalam. Lain halnya dengan lengan dan kaki embrio yang sudah terbagi menjadi paha, kaki, tangan, lengan, dang bahu.

Di samping itu, organ reproduksinya pun mulai tumbuh dengan pembentukan kartilago dan tulang. Di akhir minggu ini janin Bunda sudah mulai bisa mendengarkan apapun yang bersuara. Hal ini dikarenakan pembentukan telinga luar yang semakin sempurna.

Bagian mata janin pun sudah mulai berpigmen sehingga terlihat bagian hitam dan putihnya. Embrio Anda sudah mulai memompakan darah dari jantung dengan irama serta kekuatan yang teratur.

Kondisi ini seirama dengan di otak, jaringan saraf mulai berhubungan dengan bagian penciuman itu sendiri.

Satu hal yang bisa Anda syukuri Bunda, Anda bisa mendeteksi pergerakan janin untuk pertama kalinya melalui USG (Ultra Sono Graphy). Perkembangan teknologi memang mau tak mau sangat membantu Anda untuk memantau pergerakan calon buah hati.

Setidaknya, dalam 1 jam saja janin sudah melakukan 60 kali pergerakan ringan. Frekuensi pergerakan jantung janin sendiri sudah berkisar 120 kali/menit, dengan seluruh bagian internal janin yang telah terbentuk sempurna.

Jaga Kesehatan Anda Selagi Hamil

Buat Bunda yang tengah menanti kelahiran bayi mungil, kehamilan pastinya menjadi alasan pertama, yaitu kebahagiaan.

Kebanyakan dari kita mungkin tidak menyadari tengah hamil di bulan pertama Bunda. Nah, tentunya pemenuhan asupan gizi dan mineral sangat kurang pada masa-masa ini untuk janin.

Oleh karena itu Bunda, sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi berbagai makanan dengan gizi seimbang. Hal ini untuk mengejar ketertinggalan yang terjadi di awal-awal kehamilan. Sehingga anak tetap bisa tumbuh sehat dan sempurna tanpa cacat sedikitpun.

Kasus yang sering terjadi adalah para ibu hamil yang kurang zat besi. Pastinya akan mempengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Untuk masalah ini Bunda, pilihlah tablet zat besi yang terbaik guna memenuhi kebutuhan zat besi itu sendiri.

Usahakan pula untuk sering makan dengan porsi ringan agar janin tetap bisa tumbuh sempurna dan terpenuhi kebutuhannya.

Di samping itu, usahakan untuk sekedar menyemil biskuit sesaat sebelum bangun dari tempat tidur. Hal ini untuk memberikan energi tersendiri ketika Bunda baru bangun dari tidur.

Janin Usia 7 Minggu Hamil 7 Minggu Detak Jantung Janin 2 Bulan Hamil 2 Bulan Sudah Ada Detak Jantung Hamil 7minggu

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangApa Yang Terjadi Saat Janin Berusia Satu Bulan?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Perkembangan Janin
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPerkembangan janin pada trimester kedua kehamilan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangProses Pertumbuhan Janin Ketika Memasuki Usia 3 Bulan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »